Home / Madiun

Sabtu, 28 September 2019 - 09:12 WIB

Aliansi Jurnalis Madiun Kecam Arogansi Aparat Terhadap Wartawan

Reporter : Salem

MADIUN,- Sebagai bentuk protes dan penolakan tindakan arogansi yang dialami beberapa wartawan oleh aparat kepolosian, puluhan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Madiun (AJM) menggelar aksi damai didepan patung Mas Trip, Aloon Aloon Kota Madiun, Jum’at (27/9/2019).

Dalam aksinya, puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik membawa poster berbagai tulisan kecaman kepada aparat kepolisian saat melakukan pengaman aksi demo mahasiswa dibeberapa kota di Indonesia yang dinilai keluar dari prosedural dan anarkis.

“Ini juga merupakan aksi solidaritas kepada rekan rekan wartawan yang menjadi korban arogansi aparat saat melakukan liputan aksi demo mahasiswa kemarin,” Kata Abdul Jalil, Korlap AJM, Jum’at (27/9/2019).

Selain membawa poster bernada kecaman, puluhan jarnalis Madiun menutup mulut dan mata dengan lakban sebagai simbol kebebasan pers dibungkam dan tidak dipandang oleh aparat yang seharusnya menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. “Padahal wartawan memakai ID card tetap saja oknum Polri bertindak brutal,” ujarnya.

AJM juga meminta RUU KUHAP berisikan sejumlah pasal yang dapat merugikan insan pers dihapus. Pasal, jika disahkan dikhawatirkan akan membelenggu pers sebagai corong informasi masyarakat.“ Bukan hanya ditunda, tapi pasal merugikan dunia pers harus dihapus,” Ungkapnya.

Seperti dilangsir dibeberapa media beberapa hari lalu, aparat kepolisian melakukan kekerasan dan bertindak arogan kepada sejumlah wartawan saat melakukan tugas liputan aksi demo mahasiswa. selain melakukan perampasan dan perusakan alat, beberapa awak media sempat mengalami penganiayaan pemukulan dan mendapat perawatan medis.

“Dalam melaksanakan tugas jurnalis dilindungi UU Pers Nomor 40 tahun 1999,” pungkas Jalil.(lem)

Berita ini telah dibaca 44 kali

Share :

Baca Juga

Murid Pertama dan Warga Sepuh Hadiri “Haul Guru Besar IKS PI Kera Sakti” Raden Totong Kiemdarto
Perwira TNI AU Harus Punya Skenario Kerja
900 Personil Gabungan Disiagakan Menghadapi Musim Penghujan dan Cuaca Ekstrim
Medan Licin dan Terjal, Tim Gabungan Evakuasi Warga Madiun yang Terisolir
AKBP Raden Bobby Disambut Para Guru dan Tokoh Perguruan Silat
Masa Libur Nataru 2019 – 2020 Penumpang KA Daop 7 Madiun Naik 11 Persen
Nylonong Dijalan Ring Road, Warga Ngetrep Tertabrak dan Kritis
Tidak Konsentrasi Saat Mengemudi, Siswa SMP Tabrak Pohon