Home / Madiun

Kamis, 19 Desember 2019 - 14:44 WIB

Amankan Nataru Daop 7 Terjunkan 2 K9 dan 384 Personil Gabungan

Reporter : Salem

MADIUN, – Untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa kereta api, Daop 7 Madiun telah menyiapkan 384 personel keamanan yang terdiri dari 104 personel Polsuska, 214 personel security, dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 66 personel serta melibatkan melibatkan 2 anjing pelacak atau K9.

Usai memimpin Apel Gelar Pasukan di halaman Kantor Daop 7 Madiun, Kamis (19/12).
Vice President Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo, mengatakan, personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta.

“Ini kita lakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jasa kereta api selama liburan Natal dan tahun baru,” Kata Wisnu Pramudyo, kepada sejumlah wartawan, Kamis, (19/12).

Vice President Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo

Lebih lanjut, Wisnu, mengungkapkan, PT KAI (Persero) juga telah menetapkan masa Angkutan Natal dan tahun baru ( Nataru ) 2019/2020 selama 18 hari mulai 19 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020 yang bertepatan dengan datangnya musim penghujan dan menyiapkan 48 Petugas Penilik Jalan (PPJ) ekstra, 20 Penjaga Jalan Lintas (PJL) ekstra, dan 12 petugas Penjaga Daerah Rawan (PDR) ekstra,” Ungkapnya.

“Total 80 petugas disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas Daop 7 Madiun guna memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA,” Ungkapnya.

Sesuai data terupdate 31 November 2019 bahwa gangguan perjalanan KA selama tahun 2019 didominasi dengan tertempernya KA oleh kendaraan sebanyak 21 kejadian, 12 kasus palang pintu perlintasan dilanggar oleh kendaraan dan 9 kasus orang tertemper KA pasca jalur ganda di Daop 7 dioperasikan dengan berbagai faktor penyebab dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang peraturan keselamatan perjalanan kereta api.

opp

Sementara untuk mendukung serta meningkatkan keselamatan perjalanan KA, Daop 7 Madiun telah menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang terdiri dari peralatan untuk situasi darurat di sembilan stasiun yaitu Stasiun Jombang, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Walikukun, Blitar, Tulungagung, dan Kediri.

“Sebelumnya kami juga telah melakukan cek lintas menggunakan Dresin Inspeksi lintas Wlingi – Kertosono pada Selasa 17 Desember 2019 dengan hasil bahwa Daop 7 Madiun siap menyelenggarakan Angkutan Nataru 2019/2020 dengan zero accident,” imbuh Wisnu.

Daop 7 juga di bantu oleh komunitas pecinta kereta api atau railfans. Sebanyak 110 anggota railfans binaan Daop 7 akan ikut membantu melayani pengguna jasa KA yang akan naik maupun turun di beberapa stasiun di wilayah Daop 7. “Dan sebanyak 19 Customer Service Mobile di beberapa stasiun di wilayah Daop 7 juga telah disiapkan untuk membantu memberikan informasi kepada para pengguna jasa KA,” Pungkas Wisnu Pramudyo.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Dimas Ditangkap Dipasar Joyo

Madiun

Hindari Pengendara, Bus Sumber Selamat Terguling, 7 Penumpang Luka

Madiun

Keributan Mejayan Polisi Tetapkan Empat Tersangka

Madiun

Pelantikan Rusdiyanto Dihadiri Seluruh Sekda Se Eks Karesidenan Madiun

Madiun

Aksi Solidaritas Untuk Wartawan Tempo, Jurnalis Madiun Gelar Demo Virtual

Madiun

Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Walikota Madiun Berjalan Alot Dan Dipenuhi Interupsi

Madiun

Peningkatan Infrastruktur dan Pembangunan Talud Penahan Longsor di Monumen Kresek

Madiun

Upaya Pencegahan Gangguan Kamtibmas Pasca Kerusuhan 22 Mei Dan Sengketa Pemilu 2019 di Kabupaten Madiun