Home / Madiun

Rabu, 28 Juni 2017 - 07:29 WIB

Arus Balik, Jalur Saradan Macet Merayap

Akibat kemacetan yang relatif sangat panjang tersebut, polisi mengatur arus lalu lintas dari arah barat tetap dua jalur tetapi yang dari arah timur ke barat hanya satu jalur. “Macet luar biasa,” kata wartawan Surya, Satwiko Rumekso, yang berada di lokasi kemacetan, semalam.
Secara umum, arus lalu lintas jurusan Madiun-Surabaya, sepanjang Senin memang sangat padat. “Kemacetan ini disebabkan adanya perlintasan kereta api. Hal tersebut membuat penumpukan kendaraan yang cukup panjang,” ujar Kasat Lantas Polres Madiun, AKP Wavek Arifin.
Kepadatan itu juga terjadi karena meningkatnya volume pengguna jalan pada H+3. Pasalnya, Selasa (14/9/2010) libur cuti bersama telah berakhir.
Arus lalu lintas lebih didominasi kendaraan roda empat dari arah Surabaya menuju Madiun. Kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai dari Saradan hingga memasuki Kota Madiun. Kemacetan semakin terjadi di sejumlah titik khususnya di titik tikungan, perlintasan kereta api, dan tanjakan di kawasan hutan Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Kemacetan kendaraan khususnya roda empat mencapai lebih dari empat kilometer. Kemacetan tersebut disebabkan adanya dua perlintasan kereta api yang memotong Jalan Raya Madiun-Surabaya di Kecamatan Saradan.
“Para pemudik diminta untuk mewaspadai black spot atau titik rawan kecelakaan yang ada di sepanjang jalur mudik Madiun – Surabaya dan jalur Madiun lainnya,” kata Wavek.
Titik rawan kecelakaan tersebut tersebar di semua jalur protokol mudik yang menghubungkan Kabupaten Madiun dengan daerah lain. Di antaranya, Kabupaten Madiun dengan Wilangan Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun dengan Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun dengan Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Madiun dengan Kabupaten Ponorogo.
Sementara, data Polres Madiun mencatat selama enam bulan terakhir sedikitnya terdapat 211 kasus lebih kecelakaan, dengan korban meninggal dunia 40 orang. Kecelakaan lalu lintas terbanyak terjadi di jalan protokol yang merupakan jalur provinsi, Madiun-Surabaya.

Berita ini telah dibaca 28 kali

Share :

Baca Juga

Polisi Uji Laboratorium Makanan Penyebab 36 Santri Keracunan
Hindari Pengendara, Bus Sumber Selamat Terguling, 7 Penumpang Luka
Pria Pelaku Video Mesum Diduga di Madiun jadi Tersangka
Video Mesum Diduga Pelajar di Madiun Tersebar di WA
Mau Tahu Tarif Prostitusi Online di Madiun ?
Polisi Bongkar Praktek Prostitusi Online Anak
Komisi Irigasi Periode 2018 – 2021 Akan Segera Terbentuk
Rekonsiliasi dan Evaluasi Capaian Target PBB – P2 100 Persen