Trenggalek /  -

Asyiknya Nyete Penuh Ekspresi

Agustus 22nd, 2017 | Posted in Trenggalek | |
2017-09-20 16:31

Terkait

TRENGGALEK, (beritajurnal.com) – Pernah dengan kalimat nyete. Ya, nyetel  e tidak lepas dari batang rokok dan minuman kopi. Nyete adalah tradisi atau melukis batang rokok menggunakan ampas kopi yang biasa dilakukan masyarakat Tulungagung, kini merembet hingga Trenggalek.

100 Peserta dari berbagai kecamatan di Trenggalek mengikuti lomba nyete di lingkar alun-alun memperingati HUT ke-72 RI sekaligus HUT ke-823 Trenggelak.

“Lomba seperti ini baru pertama dilaksanakan di Trenggalek, sehingga masih banyak kekurangan, kalau di Tulungagung memang sudah ekspert,” kata salah satu panitia, Tommy Jun Juliar, Selasa (22/8/2017).
Hasil nyete warga Trenggalek/Hasil nyete warga Trenggalek/ Foto: Adhar Muttaqin

Pada lomba ini, para peserta diberikan kebebasan untuk mengekspresikan kepiawaiannya dalam seni melukis di atas batang rokok. Berbagai motif dan karya ditorehkan dalam waktu 30 menit.

“Nyete ini tidak sekedar melukis, tapi ada nilai seninya, selain itu komposisi bahan yang digunakan juga harus tepat, antara kopi dan susu harus pas,” imbuhnya.

Salah seorang peserta, Bangi mengatakan, kegiatan nyete bukan perkara mudah. Orang yang tidak terbiasa hampir dipastikan akan mengalami kesulitan. “Ampas kopi yang digunakan harus yang benar-benar halus, karena kalau asal ya tidak bisa buat melukis,” jelasnya.

Pada sesi terakhir lomba, karya para pecinta kopi tersebut dijajar dan dipamerkan kepada para pengunjung yang ada di sekitar Alun-Alun Trenggalek. (tik)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.