Home / Madiun

Kamis, 30 Mei 2019 - 12:00 WIB

Bangun Pasar Desa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Warga Kenongorejo

 

MADIUN,- Desa Kenongorejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun terus berupaya meningkatkan kesejahteraan warganya. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah dengan melakukan revitalisai dan pengembangan area Pasar Tlagan desa Kenongorejo.

Menurut Sekdes Kenongorejo, Sunarto mengatakan, pengembangan pasar Tlagan dilakukan untuk memperlancar aktifitas jual beli serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tahun semakin meningkat terutama disektor perdagangan.

“Pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat salah satunya dengan membangun fasilitas pasar Tlagan,” Kata Sekdes Kenongorejo kepada Koran Jurnal, Rabu (29/5/2019).

Sunarto mengungkapkan, perluasan area pasar dilakukan karena terjadi peningkatan transaksi jual beli dan bertambahnya jumlah pedagang dan pengunjung yang masuk. Sehingga pembangunan pasar menjadi salah satu program prioritas usulan Musrenbangdes.

“Pelaksanaanya sudah tahun 2018 lalu. Tetapi kita terus melakukan peningkatan dengan membangun beberapa fasilitas umum agar kebutuhan terpenuhi,” Ungkapnya.

 

 

Sementara Kepala Desa Kenongorejo, Tatang Heru Purnomo berharap, masyarakat dapat menggali potensi dan memanfaatkan pasar Tlagan sebagai pusat perekonomian. Selain hasil bumi banyak produk produk yang bisa dijual sehingga mampu menjadi sumber penghasilan selain bertani.

”Mayoritas warga desa berprofesi sebagai petani dan buruh tani. Dan dengan adanya pasar desa nantinya akan tergali potensi potensi desa lainya yang mungkin hingga saat ini masih belum tersentuh,” Ujar Kepala Desa Kenongorejo.

Tatang menjelaskan, nantinya pasar desa akan terus dibangun secara bertahap dan melengkapi fasilitas fasilitas yang dibutuhkan warga. Selain untuk menumbuhkan perekonomian pasar desa merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng.

”Harus terus digali, di sini juga ada potensi kuliner yang bisa dikembangkan untuk meramaikan kegiatan perekonomian di pasar desa. Dengan begitu akan turut mendongkrak PAD dan pembangunan desa Kenongorejo,” Pungkas Tatang Heru Purnomo.(lem/ad)

Berita ini telah dibaca 68 kali

Share :

Baca Juga

Masuk 20 Besar 100 Smart City, Pemkot Madiun Gelar Bimtek Tahap Pertama
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Madiun Pengambilan Keputusan Bersama Tentang RAPERDA dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018
Langkah Dinas Ketahanan Pangan Stabilkan Harga Pangan
Upaya Pencegahan Gangguan Kamtibmas Pasca Kerusuhan 22 Mei Dan Sengketa Pemilu 2019 di Kabupaten Madiun
Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Acara Bersih Desa Klumutan
H + 3 Lebaran, Stasiun Madiun Dipadati Arus Balik
Ramadhan, Ribuan Liter Miras Dimusnahkan
Perhatian Khusus Siswa Disabilitas di Kabupaten Madiun