Madiun /  -

Bangun Pasar Tradisional Sebagai Pusat Jual Beli Di Desa Kaibon

September 9th, 2017 | Posted in Madiun | |
2017-09-20 16:36

Madiun,(beritajurnal.com) – Sebagai tanda dimulainya pembangunan pasar tradisional desa Kaibon, kepala desa Kaibon, kecamatan Geger, kabupaten Madiun, meletakkan batu pertama pondasi gapura pasar Kaibon, yang di dampingi oleh tokoh masyarakat desa Kaibon dan perwakilan dari CV. Rejoyo Sakti, selaku pelaksana pembangunan pasar tradisional desa Kaibonsudah, Selasa, (5/9/2017).

                                                                                                                                                            Peletakan batu pertama rehab bangunan Pasar Tradisional desa Kaibon oleh Bp. Muhammad Sinto, S.Pd

“Peletakan batu pertama di pondasi gapura memiliki makna bahwa gapura merupakan pintu masuk kesejahteraan masyarakat desa Kaibon dengan keberadaan pasar tradisional yang sebenarnya sudah ada sejak berpuluh puluh tahun lalu. Dan ini sifatnya rehabilitasi karena bangunan pasar sudah tidak layak,” kata Muhammad Sinto, S.Pd, Selasa (5/9/2017).


Kepala desa Kaibon berharap pasar tradisional tetap dipertahankan sebagai pusat jual beli ditengah menjamurnya toko modern

Dia mengatakan, dengan dibangunnya pasar tradisional desa merupakan komitmen  pemerintah desa untuk tetap mempertahankan pasar tradisional sebagai pusat transaksi perbelanjaan ditengah menjamurnya supermarket dan Hypermart di wilayah kabupaten Madiun. Sehingga pihaknya gencar melakukan revitalisasi pasar, termasuk juga merahab bangunan pasar.

                                                                                                                             Tasyakuran dimulainya pembangunan rehab pasar desa Kaibon
“Ada sekitar 120 pedagang dari bebagai daerah disekitar desa yang melakukan aktifitas. Dan setelah selesai nanti diutamakan masyarakat dan pedagang Kaibon dapat tertampung dan menjadikan pasar tradisional desa sebagai sentra ekonomi  d warga desa Kaibon,”ujarnya.

Seperti yang dilaksanakan, pengerjaan rehab bangunan pasar tradisional desa Kaibon dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama oleh kepala desa Kaibon, Muhammad Sinto, S.Pd. Sebelum peletakan batu pertama, kepala desa dengan beberapa perwakilan tokoh masyarakat melaksanakan tasyakuran sebagai wujud syukur atas dimulainya pelaksanaan rehab bangunan pasar desa yang sudah beroperasi sejak tahun 1965.

Kepala desa Kaibon, berharap dengan adanya pasar tradisional desa Kaibon yang baru dapat mempermudah transaksi jual beli serta sebagai penunjang peningkatan perekonomian masyarakat desa Kaibon. Letak pasar desa yang berada di tapal batas dan pintu masuk Kota Madiun dinilai sangat strategis sebagai sentral ekonomi bagi pedagang dan sebagai pusat jual beli masyarakat desa Kaibon, kecamatan Geger, kabupaten Madiun.

“Mudah mudahan pengerjaan rehab pasar ini selesai sesuai target. Untuk dua bulan kedepan pasar tradisional ini dapat difungsikan oleh masyarakat. Sehingga rotasi perekonomian segera dapat berjalan normal kembali,” pungkas Muhammad Sinto, S.Pd, kepala desa Kaibon, kecamatan Geger, kabupaten Madiun, Jawa Timur.(Lem/adv)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.