Home / Pacitan

Minggu, 20 Oktober 2019 - 10:34 WIB

Bawaslu Pacitan Sosialisasi Partisipatif Libatkan Budaya Lokal

Reporter : Danur Suprapto

PACITAN,-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pacitan, Sabtu malam (19/10/19) melaksankan kegiatan, Sosialisasi Pengawasan partisipatif di Alun alun kabupaten Pacitan.

Pada kesempatan itu, turut hadir Ketua Bawaslu Jatim M Amin, Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Berty Setevanus, Perwakilan Partai, Ketua KPU Kabupaten Pacitan Sulis Styorini, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Komandan Kodim 0801 Aristoteles HN Lawitang, Forkompinda dan para tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut, adalah sosialisasi pengawas partisipatif yang mengedepankan kearifan lokal, Adapun seni budaya lokal yang di gandeng diantaranya seni Wayang combo, Seni rontek Laskar Magribi, Kethek Ogleng condro wanoro, acara cukup ramai dibanjiri ribuan masyarakat Pacitan dari berbagai kecamatan.

Ketua Komisioner Bawaslu Pacitan , Berty setevanus mengatakan sosialisasi pengawas partisipatif melalui kebudayaan yang mengedepankan kearifan lokal sangat efektif untuk dilaksanakan , Hal itu selain menghibur dan mendatangkan banyak masyarakat juga ikut mengangkat potensi potensi lokal di bidang budaya.

“Di karenakan mengingat Kabupaten Pacitan nantinya akan melaksanakan Pilkada pada 2020, dengan demikian, tingkat peran dan partisipasi masyarakat yang tinggi menjadi sangat penting, Puji syukur acara malam ini sangat meriah dan antusias masyarakat luar biasa” Ungkap Berty.

Ketua Bawaslu Jawa Timur M Amin menambahkan bahwa Acara Ini menurutnya adalah terobosan yang sangat bagus dan efektif, acara sosialisasi Bawaslu ini bertujuan agar masyarakat paham tentang pemilu /Pilkada.

” Tujuan akhir dengan kegiatan ini yakni mengenalkan pada Masyarakat apa itu tugas tugas Bawaslu, Terutama membantu pemerintah dalam mensukseskan Pemilu /pilkada, Mengenalkan Pengawasan Partisipatif agar pelaksanaan pemilu /Pilkada nanti nya tidak ada masalah dan berjalan lancar.

“Masyarakatsendiri adalah bagian dari pengawasan partisipatif, hal-hal untuk mendorong masyarakat melakukan pengawasan partisipatif di kenalkan dari sekarang, karena melibatkan masyarakat melalui kearifan lokal tersebut bisa jadikan sebagai wadah kontestan pemilu, yang cukup bagus dan sangat baik” tuturnya. (dnr)

Berita ini telah dibaca 23 kali

Share :

Baca Juga

Manager Perspa Pacitan : Bacalon Bupati Pacitan Jangan Hanya Jual Tampang
Ketua Kartar Pacitan Terpilih, Sasar Optimalisasi SDM
Forkompinda Pacitan Pantau Pelaksanaan Natal
36 Panwascam Kabupaten Pacitan Dilantik dan Ikuti Diklat
Pemerintah Pusat Serahkan Paket Konversi BBM ke BBG ke Nelayan Pacitan
KPU Pacitan Launching Pilkada 2020 di Alun-alun
Memberantas Putus Sekolah, PKBM Maju Lancar Kampanyekan : Ayo Belajar
Ditlantas Polda Jatim Nilai Lomba KTL di Pacitan