Home / Pacitan

Sabtu, 14 Maret 2020 - 10:37 WIB

Bupati Pacitan Dilarikan ke RS Jogjakarta

Reporter : Danur Suprapto

PACITAN,- Bupati PacitanIndartato, dilarikan ke luar kota untuk mendapatkan penanganan intensif lantaran terdiagnosa menderita penyakit yang disebabkan dari gigitan nyamuk aedes aygepti tersebut pada selasa 10/03/20.

Sebagaimana Informasi yang diperoleh awak media, sebelum dirujuk ke salah satu rumah sakit di Yogyakarta, Indartato sempat menjalani perawatan di RSUD dr Darsono Pacitan.

“Hanya semalam beliau menjalani rawat inap di RSUD. Sebab ketika hendak di rujuk ke Yogjakarta, masih menunggu ketersediaan kamar rawat inap,” kata Kabid Pelayanan RSUD dr Darsono Pacitan, Daru Mustiko Aji saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (11/3/20).

Menurut pria yang juga berprofesi sebagai seorang dokter ini, kemungkinan besar Bupati Indartato terjangkiti DBD.

“Saat ini beliau masih menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit yang ada di Yogyakarta,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, Hendra Purwaka membenarkan atas sakitnya Bupati Indartato karena serangan DBD. “Secara kualitatif memang ada peningkatan. Namun dari sisi kuantitatif ada penurunan penderita DBD. Kebetulan kok ya orang nomor satu di Pacitan yang terkena DBD,” terang Hendra, secara terpisah.

Ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan selalu mengedepankan pola hidup bersih dan sehat. Utamanya lingkungan sekitar.

“Kalau memang ditemukan ada penderita, kami akan segera melakukan langkah-langkah pemeriksaan epidemiologi. Setelah itu segera kita lakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan melakukan upaya pengasapan atau fogging,” tutur Hendra.

Bahkan belum lama ini, Bupati Indartato sebelum sakit juga pernah turun lapangan untuk melakukan gerakan serentak PSN di Lingkungan Temon, Kelurahan Ploso, Pacitan. Meski pada akhirnya, ia sendiri yang juga menjadi korban serangan DBD.

Untuk Sementara ini, kondisi kesehatan Bupati Indartato, semakin membaik. Hanya saja, orang nomor satu di Pemkab Pacitan tersebut, masih harus menjalani perawatan intensif. Sebab kondisinya masih lemah dan perlu pemulihan.( dnr)

Berita ini telah dibaca 56 kali

Share :

Baca Juga

Cepat, Rapat Pleno Pengambilan Nomor di KPU Pasangan Cabup-Cawabup Pacitan
Maling Diduga Sambangi RSUD Pacitan
Aji-Gagarin Dapat Rekom Demokrat, Pilkada Pacitan Bakal Ada Bumbung Kosong?
Peresmian Pojok Pengawasan dan PPID Bawaslu Kabupaten Pacitan
GMNI Jatim Kawal Rencana Pembangunan Ekonomi di Zona Gerbang Kertosusilo
BPH Migas Bersama Anggota DPR RI Sartono Adakan Sosialisasi Tugas Fungsi
Indrata Nur Bayu Aji, Optimis Kantongi Rekom
Launching Wisata Tangguh ; Watu Karung Tinggal Tunggu Aba-aba