Home / Ponorogo

Selasa, 29 Januari 2019 - 09:21 WIB

DB di Ponorogo “Ngamuk”, Renggut 3 Jiwa

PONOROGO, – Tahun ini, Pemkab Ponorogo harus siaga. Sebab, kasus Demam Berdarah Dengaue (DBD) di Ponorogo ditetapkan menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). Penetapan itu disampaikan langsung oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Senin (28/1).

“Ini saya selesai rapat membahas tentang demam berdarah. Dan saya tetapkan Ponorogo KLB demam berdarah,” tegas Ipong seusai rapat koordinasi di Ruang Bantarangin, Pemkab Ponorogo.

Bupati menyebut, keputusan KLB itu dilakukan karena penyebaran demam berdarah di Ponorogo sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Sebab dengan status KLB, tindakan-tindakan luar biasa bisa ditempuh.

“Misalnya jika alat fogging kurang, bisa membeli alat fogging. Jika kurang dananya, ya karena KLB bisa memakai dana tidak terduga,” jelas Ipong sepeti dilansir jatimnow.com.

Ipong berharap, dengan penetapan KLB, pemerintahan melalui Dinas Kesehatan dan Camat bisa melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak, agar nyamuk tidak berkembang biak dan menambah penderita DBD di Ponorogo.

“Akan kita lakukan PSN serentak. Saya harap camat-camat di Ponorogo melakukan PSN semua,” tegasnya.

Selain itu, Ipong meminta rumah sakit atau puskesmas untuk menggratiskan pasien DBD yang sedang menjalani opname melalui bantuan dari Dinas Kesehatan.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo drg Rahayu Kusdarini menambahkan, atas keputusan KLB itu, pihaknya akan menambah alat fogging.

“Penambahana alat fogging dilakukan agar tidak panjang antriannya,” sambungnya.

Menurutnya, walaupun dilakukan fogging, harus diikuti dengan PSN. Dengan harapan, penderita DBD di Ponorogo bisa turun hingga terbebas. (jtn)

Share :

Baca Juga

Ponorogo

Geger, Cewek Cantik Diduga Buang Jabang Bayinya di Kandang

Ponorogo

Motor vs motor, 1 Tewas di TKP

Ponorogo

SMPN 1 Ponorogo Lapor Polisi Ditipu oknum Agen Study Tour

Ponorogo

Banyak PNS Bolos Upacara, Sekda Ponorogo Berang

Ponorogo

Todongkan Pistol, Perampok Kuras Uang Toko Besi

Ponorogo

Daging Glonggongan “Serbu” Ponorogo

Ponorogo

Gas Elpiji Melon Langka di Ponorogo, Permainan Siapa ?

Ponorogo

Tingkatkan Kapasitas Pekerja Migran di Ponorogo, Infest Gelar pelatihan Paralegal