Home / Madiun

Kamis, 20 Agustus 2020 - 11:52 WIB

Deklarasi Damai 11 Perguruan Silat se Kota Madiun

Reporter: Salem

Madiun, beritajurnal.com – Memasuki pergantian tahun baru Islam 1445 H, 11 perguruan silat yang tergabung di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) menandatangani deklarasi damai di gedung pertemuan PG Rejo Agung, Kota Madiun, Rabu (19/8/2020).

Deklarasi damai yang ditandatangani oleh para ketua dan perwakilan perguruan silat se Kota Madiun tersebut merupakan komitmen bersama menciptakan Kamtibmas selama bulan Muharam atau bulan Suro.

Ketua IPSI Kota Madiun, Tono Suharyanto, mengajak semua pendekar dari seluruh perguruan silat ikut berperan aktif menjaga kondusifitas keamanan Kota Madiun dan menjaga harkat dan martabat perguruan silat masing masing.

“Dengan deklarasi ini semua anggota perguruan silat memiliki peran dan tanggungjawab menciptakan kondusifitas Kota Madiun yang aman dan damai dibulan Suro tahun ini,” Kata Ketua IPSI Kota Madiun.

Lebih lanjut Tono, menyampaikan, momentum bulan Suro atau Suroan bisa dijadikan wisata budaya. Mengingat Madiun sebagai Kota Pendekar dan pusat perguruan perguruan pencak silat secara nasional.

Sementara Karoops Polda Jatim, Brigjen Polisi Puji Santoso yang hadir diacara deklarasi damai tersebut menyatakan, sangat mendukung langkah para ketua perguruan silat untuk menciptakan Kamtibmas di Kota Madiun.

Selain sepakat menjaga Kamtibmas dengan melaksanakan kegiatan Suroan dimasing masing ranting tanpa pengerahan massa, seluruh perguruan pencak silat siap menerapkan protokol kesehatan agar kegiatan Suroan tidak menjadi Klaster baru penyebaran Covid – 19.

“Polisi dan TNI akan membantu keamanan kegiatan perguruan silat selama bulan Suro,” Ungkap Puji Santoso.

Dia menegaskan, jika masih ada yang nekat melakukan kegiatan Suroan, aparat akan menindak tegas kepada anggota perguruan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. “Karena isi deklarasinya sudah jelas dan disepakati bersama semua perguruan pencak silat,” Tegasnya.

Karoops Polda Jatim, mengajak semua perguruan silat untuk melaksanakan kegiatan Suroan sesuai ikrar perguruan masing masing untuk menjaga situasi Kamtibmas di Madiun Kota Pendekar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan memutus rantai Covid – 19.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Cegah Penyebaran Covid – 19, Wali Kota Madiun Jalani Vaksin Pertama Kali

Madiun

Tuntut Pengembalian Skema Lama, Driver Taxi Online Demo Kantor PT GoJek

Madiun

Polisi Bongkar Praktek Prostitusi Online Anak

Madiun

Bus Sarat Penumpang Ludes Terbakar

Madiun

Kades Pucangrejo, Sawahan Akhirnya Ditangkap Polisi

Madiun

Wali Kota Madiun Sidak Kesiapan Lumbung Pangan Musim Libur Lebaran 2021

Madiun

Era Digitalisasi Guru Dituntut Profesional dan Beraklhak

Madiun

Majapahit Travel Fair 2018 Kabupaten Madiun Raih “The Best Atraction“