Home / Magetan

Minggu, 30 September 2018 - 07:37 WIB

Di Magetan, Urus KTP-el Bisa Via Whatshapp

Singgih Indrayana SH, Kasi Identitas KependudukanDisdukcapil Magetan

Singgih Indrayana SH, Kasi Identitas KependudukanDisdukcapil Magetan

Reporter : Riyanto

MAGETAN, – Dispendukcapil Magetan terus lakukan Inovasi, setelah sukses dengan Program Pengurusan Administrasi Tutul Whatshapp atau ( PAK TUWA ) Pnerbitan Akta Kematian, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak ( KIA ) dengan hanya menutul via aplikasi whatshapp, Hari ini luncurkan program tambahan urus ktp-el bisa dengan mengirim permohonan via whatsapp.

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Magetan terus melakukan trobosan dan inovasi dalam mengurus administrasi kependudukan. Dengan meluncurkan program Pelayanan Administrasi Kependudukan Tutul Whatshapp ( PAK TUWA ).

Singgih Indrayana SH, Kasi Identitas KependudukanDisdukcapil Magetan mengatakan, seperti yang sudah di luncurkan sebelumnya. Program PAK TUWA yang menghandel tiga dokumen kependudukan yaitu penerbitan akta kematian, akta kelahiran dan KIA terbukti memudahkan masyarakat dalam mengurus adminduk. Hari ini bertambah satu lagi yaitu penerbitan KTP-electronik. Total ada empat layanan penerbitan.” Terangnya.

“Caranya tidak jauh berbeda dengan program sebelumnya penerbitan akta kematian, akta kelahiran dan KIA, masyarakat tinggal mengirim foto persyaratan pembuatan KTP-el, melalui nomer Whatsapp kami, mayarakat tidak perlu ke kantor.” Tutur Singgih kepda Koran Jurnal.

Yang membedakan hanya nomer layanan whatshapp saja, jika permohonan penerbitan akta kematian akta kelahiran dan KIA di nomer : 0815-5444-4146 maka pengajuan permohonan KTP –el kami bedakan yaitu di nomer layanan whatsapp : 0821- 4181-5610.” Tegasnya.

Ditambahkan Singgih, setelah semua persyaratan terkirim petugas dispenduk akan segera memproses permohonan tersebut dan menghubungi pemohon bila sudah jadi. Pemohon dapat mengambilke kantor dispendukdengan membawa persyartan aslinya.”

Basir warga Desa Sukowidi Kecamatan Kartoharjo, mengaku sebagai orang yang sedikit waktu sangat terbantu dengan adanya program PAK TUWA yang diluncurkan Disdukcapil magetan,. Jika dulu Ia harus bolak balik ke kantor yang jaraknya jauh dari rumahnya, sekarang tidak. Efektif banget katanya.

Selain itu, sejak dua tahun lalu Disdukcapil terus lakukan kegitan Jemput Bola ke sekolah sekolah untuk melakukan perekaman KTP-el bagi pelajar yang sudah wajib memiliki ktp-el. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pelajar mendapatkan KTP-el, pelajar tidak perlu ijin untuk tidak masuk sekolah hanya untuk mengurus identitas. Selain itu, ini upaya Disdukcapil Magetan untuk mengurangi penumpukan antrian di kantor Dispenduk.” Untuk sekolah yang kami kunjungi pihak sekolah dapat mengajukan permohonan kepeda pihak kami Dispendukcapil Magetan.” Tutup Singgih Indrayana Kasi Indentitas Penduduk. ( yan ).

Berita ini telah dibaca 512 kali

Share :

Baca Juga

Dua Terduga Teroris Bapak Anak di Magetan Diamankan Densus 88
Selfie, Ambil Air Biar Awet Muda, Terpeleset Tewas di Telaga Sarangan
Diduga Rem Blong, Minibus Sarat Penumpang Terjun ke Sawah, 1 Tewas
Diduga Kelelahan Rekapitulasi Suara, Ketua PPS di Magetan Meninggal
Nilai Jeblok, Siswa di Magetan Pilih Gantung Diri
Bupati Magetan Konsisten pada Isu Penyelamatan Lingkungan
Mess Karyawan Terbakar, Seorang Tewas Terpanggang
Diduga Rem Blong, Nenek Tewas Terjun ke Sungai, Cucu Selamat