Home / Magetan

Selasa, 31 Desember 2019 - 23:32 WIB

Dinas Dukcapil Magetan : Urus Adminduk Saat ini Lebih Mudah, Cukup di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)

Reporter : Riyanto

MAGETAN,- Upaya Kabupaten Magetan untuk menjadi yang terdepan, tampaknya segera terwujud. Terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak akan kesulitan dalam mengurus yang berkaitan dengan identitas diri kependudukan.

Seperti yang telah dilakukan Dinas Kepandudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan, sudah jauh melangkah. Terkait dengan pengurusan Administrasi Kependudukan. Bahkan saat uni kebih mudah.Tak tanggung-tanggung,  unovasi uni pertama di Jawa Timur. “Bahkan di Indonesia,” kata Kadin Dukcapil Magetan, Drs. Hermawan M.Si, saat diwawancari di penghujung akhir tahun (31/12/ 2019).

Menurutnya, bagi pemohon yang akan mengurus KTP atau KK tidak perlu repot-repot. Termasuk tidak harus ditentukan lokasi untuk proses perekaman data. Pemohon akan diberi kebebasan dan fasilitas tersendiri untuk mencetak kartu identitasnya. “Saat ini pemohon dapat cetak baik KTP, KK,Akte  hingga KIA Cukup Melalui Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM,” tambah Hermawan.

Memang patut diapresiasi upaya Disdukcapil Kabupaten Magetan dalam memberikan kemudahan layanan masyarakat  mendapatkan haknya untuk memeliki data kependudukan. Mulai dari jemput bola layanan di kecamatan kecamatan hingga pak tuwa atau tutul WA. “Baru kali ini, disdukcapil setempat meluncurkan layanan lebih moderen lagi, yaitu via mesin anjungan mandiri,” imbuhnya. Untuk itu dirinya berharap pemohon segera memanfaatkan fasilitas yang tersedia ini.

Pemohon cukup datang di mesin anjungan yang di sediakan pada Mall Pelayanan Publik di pasar baru atau di dinas kependudukan sendiri. Dan mesin ini dapat mencetak semua adminduk yang dibutuhkan.

Sekedar diketahui, upgread sistem SIAK adminduk setempat oleh Dirjen Dukcapil  Zudan Arif Fakrulloh dari sebelumnya menjadi 7.3.3, pemohon diwajibkan mengisi nomer handpone dan email aktifnya untuk mendukung kelancaran pemohon dalam mendapatkan data kependudukan melalui mesin ADM. “Karena sekarang ini jaman tehnologi, ya pelayanan harus mengikuti perkembangan yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah,” pesan Dirjen Dukacpil. (yan/ad)

 

Share :

Baca Juga

Magetan

Diduga Rem Blong, Minibus Sarat Penumpang Terjun ke Sawah, 1 Tewas

Magetan

Gus Amik – Joko Daftar Pertama, Dua Paslon Lain Menyusul

Magetan

Pendaki Gunung Lawu Dikabarkan Hilang

Magetan

Hujan Badai, Evakuasi Korban Tewas Gunung Lawu Ditunda

Magetan

Penambang Pasir Tewas Terbawa Pusaran Air

Magetan

Bupati Magetan Beri Peluang Guru Berprestasi untuk Pulang Kampung

Magetan

Sajikan 3.240 Porsi Rica-rica, Pecahkan Rekor MURI

Magetan

Diduga Rem Blong, Nenek Tewas Terjun ke Sungai, Cucu Selamat