Home / Magetan

Kamis, 27 Desember 2018 - 19:42 WIB

Dispendukcapil Magetan : Mari Sadar Administrasi Kependudukan

Nofida Fauziani, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Magetan (tengah) saat memberikan sosialisasi.  (foto istimewa)

Nofida Fauziani, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Magetan (tengah) saat memberikan sosialisasi. (foto istimewa)

Reporter : Riyanto

MAGETAN, – Guna melakukan pendataan penduduk disertai dengan tertib administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Magetan terus melakukan sosialisasi ke bawah. Seperti dilakukan pada Rabu (27/12/2018) Dispendukcapil Kabupaten Magetan dengan mengambil lokasi di Desa Klagen Kecamatan Barat memberikan sosialisasi kepada puluhan pengurus RT/RW dan tokoh masyarakat setempat.

Nofida Fauziani, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Magetan (tengah) saat memberikan sosialisasi.  (foto istimewa)

Seperti dikatakan Nofida Fauziani, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Magetan, kegiatan ini dalam rangka mensukseskan tertib administrasi kepedudukan dengan mengajak 18 desa percontohan dari 18 kecamatan di Magetan.

“Kami erus memberikan himbauan kepada setiap RT atau RW juga tokoh masyarakat agar mencatat sekaligus melaporkan setiap peristiwa admindukdan pastikan tercatat di RT, RW, desa dan dinyatakan syah di Dinas Kependudukan setempat,” ungkap Nofida.

Lebih lanjut, Nofida mengungkapkan bahwa ihaknya juga mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk taat dan tertib aministrasi kepedudukan dan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau #GISA#.

Hal ini harus ditindaklajuti bagi setiap warga negara Indonesia, wajib memiliki Kartu Keluarga ( KK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kartu Identitas Anak (KIA) dan Surat Kepedudukan lainya sperti Akte Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Perceraian, Akta Kematian dan akta lainya. “Ini sangat penting agar data masing-masing penduduk bisa tercatatsecara administrasi,” tegasnya.

Dispenduk meminta bagi warga yang belum melengakapi administrasi kependudukan untuk segera melengkapi. Untuk mempermudah pelayanan, Dispenduk Magetan sudah melengkapi kepengurusan administrasi bagi pemohon via layanan Whatshap. Terutama bagi pemohon yang sibuk atau jauh bisa mengirimkan persyaratan ke nomer layanan pesan WA :  0815 – 5444 – 4146.

Selain itu petugas dispenduk juga melakukan pemeriksaan kepada adminduk warga setempat. Apabila ditemukan kesalahan untuk segera dibetulkan ke kantor dispenduk setempat.  Dinas kepedudukan setempat berharap kepada RT/RW dan tokoh masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini, untuk meneruskan kepada di sekitarnya. Di harapkan peserta yang hadir dapat menjadi penyambung adminduk kepada masyarakat dilingkunaganya masing masing. (yan/adv)

Share :

Baca Juga

Magetan

Kobaran Api Lumat Deretan Kios di Pinggir Sarangan

Magetan

Diduga Sopir Ngelamun, Mobil Nyemplung Parit

Magetan

Jembatan Sombo Poncol Putus Total

Magetan

5.614 Warga Terancam Kehilangan Hak Pilih di Pilkada Magetan 2018

Magetan

Longsor Timbun Jalan di Magetan

Magetan

Bolo Dewe Nomor 1, Gus Amik-Jos Nomor 2, Prona Nomor 3

Magetan

Gus Amik – Joko Daftar Pertama, Dua Paslon Lain Menyusul

Magetan

Penyergapan Dua Perampok Bak Film Action