Home / Madiun

Senin, 3 Desember 2018 - 10:32 WIB

Era Digitalisasi Guru Dituntut Profesional dan Beraklhak

Reporter : Salem

MADIUN, – Peringatan HUT PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional tahun 2018 dimaknai sebagai kebangkitan perubahan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Sebagai pendidik guru dituntut harus mampu menghadapi fenomena lahirnya digitalisasi sistem pendidikan melalui inovasi aplikasi teknologi.

Hal tersebut disampaikan bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 dan peringatan HUT PGRI ke-73 di Stadion Pangeran Timoer, yang diikuti oleh Ketua dan pengurus PGRI dan seluruh guru di kabupaten Madiun, Sabtu (1/12/2018).

Ahmad Dawami, menegaskan, guru memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakfer anak bangsa harus mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat melalui sistem harmonisasi, olah hati, olah rasa olah pikir.

“Untuk itu dukungan dan prioritas tertuju pada sektor pendidikan, agar para guru dapat fokus dalam tugas mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan berakhlak,” Kata Ahmad Dawami.

Bagi pemerintah Kabupaten Madiun peringatan hari guru nasional dan HUT PGRI ke-73 tahun 2018, juga menjadi titik evaluasi strategis untuk membuat kebijakan guna mewujudkan visi misi kabupaten madiun yaitu “terwujudnya kabupaten madiun yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak.

“Sehingga Kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah kabupaten Madiun, tepat sasaran sehingga fungsi dan kesejahteraan guru terlindungi,” Ungkapnya.

Tentunya hal tersebut diimbangi dengan peningkatan mutu dan kemampuan profesional guru sebagai pendidik yang berkompeten. Guru sebagai sosok utama yang menjadi tauladan juga harus memiliki bekal jiwa pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga.

“Profesionalisme guru dapat mewujudkan masyarakat berakhlak mulia dengan meningkatkan kehidupan beragama, menguatkan dan mengedepankan kearifan lokal sesuai amanat Undang Undang Tahun 2018,” Tegasnya.

Dengan tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad Ke XXI” bupati madiun, berharap dengan peran aktif guru mampu meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten Madiun dan mampu mencetak masyarakat yang beraklhak.

Bupati Madiun juga mengucapkan selamat kepada Guru dan Tenaga Pendidikan Indonesia dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen dan segala ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Beliau mengajak berdoa semoga martabat Guri semakin dijunjung tingga seiring dengan meningkatnya profesionalisme hang dikuti dengan peningkatan kesejahteraan dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke – 73 Wakil Bupati Madiun, Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Forkopimda atau yang mewakili, Sekda Kab. Madiun, kepala OPD dan camat se-kabupaten madiun, ketua dan pengurus PGRI dan Anggota.(lem/adv)

Share :

Baca Juga

Madiun

Festival Photography Promosikan Wisata Dan Budaya Ke Mancanegara

Madiun

Sosialisasi Netralitas ASN Di Pilkada Serentak 2018

Madiun

Kerjasama dengan PT Pos Indonesia Kabupaten Madiun Luncurkan Layanan Antar Dokumen Kependudukan

Madiun

Perhatian Khusus Siswa Disabilitas di Kabupaten Madiun

Madiun

Belum Beroperasi Tol Ngawi-Madiun Minta Tumbal, 1 Tewas 3 Luka-luka

Madiun

Aniaya Murid, 5 Pelatih Pencak Silat jadi Tersangka

Madiun

Bawa Kabur Kendaraan, Wage Diringkus Polisi

Madiun

3.270 Liter Miras Dimusnahkan