Home / Ponorogo

Senin, 13 Agustus 2018 - 19:37 WIB

Festival Sukosewu, Bentangkan Sang Merah Putih Ukuran Besar

foto repro : detik.com

foto repro : detik.com

PONOROGO,- Sebuah bendera berukuran jumbo dibentangkan di Ponorogo untuk memperingati HUT ke-73 RI. Bendera tersebut dibentangkan, tepatnya di Taman Sukosewu, Desa/Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo.

Kepala Desa Sukorejo, Supriyanto, menjelaskan bendera berukuran 5 x 2 meter ini dibentangkan untuk memperingati HUT RI sekaligus sebagai simbol bersih desa yang terangkum dalam acara bertajuk Festival Sukosewu.

Awalnya bendera tersebut diarak keliling desa. Begitu tiba di Taman Sukosewu, bendera tersebut dililitkan ke salah satu pohon asoka yang berada di tengah taman. Prosesi ini juga diiringi lagu Indonesia Raya.

“Dibentangkan di Sukosewu karena disini mempunyai nilai sejarah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” tutur Supriyanto di lokasi, Senin (13/8/2018).

 

Repro : detik.com

Dijelaskan Supriyanto, Taman Sukosewu dianggap sebagai tempat bersejarah karena pernah digunakan sebagai tempat persinggahan Pangeran Diponegoro dan pasukannya untuk menambatkan kuda saat hendak bertempur.

Penamaan Taman Sukosewu ini sendiri juga diambil dari banyaknya pohon asoka di taman tersebut. “Diperkirakan Sukosewu ini sudah ada dari tahun 1825-1830 lalu,” imbuhnya. (berita sudah dimuat di detik.com)

 

Berita ini telah dibaca 35 kali

Share :

Baca Juga

Geger, Wanita ini Tewas Dengan Leher Tergorok Gerinda
Tak Kuasai Medan, Mobil Temanten Terguling, 8 Orang Dilarikan ke RS
Todongkan Pistol, Perampok Kuras Uang Toko Besi
Ngumpet di Trenggalek, Gerombolan Maling Motor Dihadiahi Timah Panas
Korban DBD di Ponorogo Bertambah Lagi, Anak 6 Tahun Meninggal
DB di Ponorogo “Ngamuk”, Renggut 3 Jiwa
Dua Cewek Plus Mucikari Esek-esek Online Diciduk Polisi
Tolak Pindah ke Pasar Relokasi, Ibu-ibu Pilih Gelar Doa