Pacitan /  -

Gempa “Tak Terasa” 5,1 SR Landa Pacitan

Agustus 27th, 2017 | Posted in Pacitan | |
2017-11-25 01:49

PACITAN, (beritajurnal.com) – Gempa yang seakan “tidak terasa” terjadi di wilayah Pacitan. Gempa bumi berkekuatan 5,1 SR. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut termasuk kategori gempa ‘unik’. Mengapa?

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas patahan/sesar di zona outer rise, yaitu zona gempa di luar (di selatan) zona subduksi lempeng,” ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG dalam keterangannya, Minggu (27/8/2017).

Gempa bumi ini termasuk dalam klarifikasi gempa dangkal. Gempa bumi ini memiliki mekanisme sumber sesar turun atau normal fault yang terjadi pada batuan yang salah satu bagiannya mengalami pergerakan ke bawah terhadap keadaan asalnya. Gerakan patahan ini disebabkan oleh kekuatan tegang dan mengakibatkan perluasan.

“Meskipun gempa bumi ini tidak dirasakan karena jaraknya yang jauh, tetapi aktivitas gempa di outer rise tidak lah banyak, sehingga sangat menarik untuk dicermati oleh para ahli,” jelas Daryono.

BMKG menjelaskan bahwa gempa yang terjadi tadi pagi termasuk kategori outer rise. Outer risemerupakan gempa yang tidak terjadi pada zona penunjaman (subduction zone). Walaupun jarang, gempa outer rise dapat berpotensi tsunami asalkan geseran patahannya terjadi dalam arah vertikal.

“Zona outer rise selama ini seolah menjadi zona gempa yang terabaikan, padahal zona outer rise dapat berpotensi terjadi gempa kuat yang dapat memicu tsunami besar,” tutur Daryono.

Hasil analisis update BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,1 dengan episenter terletak pada koordinat 10,49 LS dan 111,01 BT tepatnya di laut pada jarak 253 km arah selatan Kota Pacitan pada kedalaman 10 km. (tik)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.