Home / Pacitan

Senin, 15 Februari 2021 - 04:52 WIB

Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Kampung SBY

Reporter : Danur Suprapto

Pacitan,Beritajurnal.com – Presiden Joko Widodo berharap Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timurdapat menjadi infrastruktur penting dalam memperkuat ketahanan pangan dan air.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan bendungan tersebut pada Minggu (14/2/2021).

Menurutnya, Bendungan Tukul yang menelan anggaran Rp 916 miliar tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk beberapa hal yakni pengendalian banji, irigasi, dan penyediaan air baku.

“Saya harap dengan berfungsinya Bendungan Tukul di Pacitan akan menjadi infrastruktur penting memperkuat ketahanan pangan dan ketahanan air,” kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi pun meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Pacitan memanfaatkan bendungan yang dibangun sejak tahun 2015 tersebut dengan sebaik-baiknya.

Bupati Pacitan Indartato, menyampaikan bahwa ada banyak manfaat yang akan di dapat setelah berdirinya Waduk Tukul ini, Pertama sebagai Pengendali Banjir, Kedua sebagai sarana irigasi dan yang ketiga sebagai Air baku, Indartato Berharap dengan adanya air bersih dari waduk TUKUL tersebut nantinya bisa melayani masyarakat dengan baik.

” Sebagai sarana irigasi akan mengaliri tanah sekitar 600 Hektar yang terdiri dari dua kecamatan, yakni 150 Hektar wilayah Kota dan 450 hektar wilayah kecamatan Arjosari, Dengan itu kami atas nama masyarakat dan pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat” Ungkap Indartato.

Bendungan Tukul juga akan menyuplai kurang lebih 300 liter per detik debit air dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik.

“Dari satu kali pertanaman, satu kali tanam padi dan satu kali tanam palawija, menjadi dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija. Insya Allah ini nanti sudah bisa dilihat dan dilakukan,” ucap Jokowi. (dnr)

Share :

Baca Juga

Pacitan

Banjir Hantam Pondasi Jembatan Arjosari, Arus Lalin Tersendat

Pacitan

Badan Jembatan Amblas, Jalur Wisata Air Hangat Tertutup

Pacitan

Perlu Investasi Guna Mendorong Perekonomian di Pacitan

Pacitan

Dua Tower PLN Ambruk, Pacitan Gelap Gulita

Pacitan

Imam Rifai Akhirnya Nahkodai HMI Pacitan 2019 – 2020

Pacitan

GMNI Jatim Kawal Rencana Pembangunan Ekonomi di Zona Gerbang Kertosusilo

Pacitan

Dua Balon Bupati Pacitan Kompak Jabat Erat

Pacitan

Duh Mesranya Ijab di Dalam Bus