Home / Madiun

Rabu, 31 Oktober 2018 - 08:43 WIB

Kabupaten Madiun Dongkrak Pelaku Bisnis Makanan Berbahan Baku Lokal

Reporter : Salem

MADIUN, – Pemerintah daerah kabupaten Madiun melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkop UM) mengadakan pelatihan pengembangan aneka makanan berbahan baku lokal 2018, di RM Utama, desa Kaligunting, kecamatan Mejayan, kabupaten Madiun, Senin (15/10/2018).

Kepala Dinas Perdagkop – UM, Anang Sulistyono, mengatakan, pelatihan pengolahan makanan berbahan baku lokal merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan makanan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat kabupaten Madiun.

“Dengan memberikan pelatihan pelatihan kepada masyarakat akan terbuka peluang bisnis sehingga angka pengangguran di kabupaten Madiun berkurang,” Kata Kepala Dinas Perdagkop dan UM kepada wartawan Koran Jurnal.

Anang juga mengungkapkan, tujuan utama pemerintah adalah meningkatkan perekonomian masyarakat dan membangun sumber daya manusia (SDM) dengan menggali potensi daerah salah satunya mengembangkan produk makanan berbahan baku lokal.

“Mengingat di kabupaten Madiun banyak terdapat tanaman atau tumbuhan yang dapat diproduksi menjadi makanan dengan ditunjang pemanfaatan teknologi yang memadai,” Ungkapnya.

Sementara untuk meningkatkan standarisasi hasil produksi, perlu dilakukan pelatihan secara continue guna menghasilkan produk yang berkualitas sesuai stadarisasi pemerintah. Termasuk inovasi dan ide kreatif pemasaran untuk menarik daya beli konsumen.

Suhardi, salah satu nara sumber, menyatakan , pentingnya pelatihan bagi pelaku IKM bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pembuatan aneka jenis Mamin. Peserta juga harus lebih kreatif menambahkan warna tampilan pada produk yang dihasilkan, untuk lebih menarik konsumen.

Pelatihan yang berlangsung selama satu Minggu dibagi menjadi dua gelombang dengan masing masing gelombang diikuti oleh 80 peserta IKM pemula dan tingkat lanjutan. “Saat ini pelatihan gelombang pertama yang diikuti 80 peserta dari kecamatan Sawahan, Mejayan, Kare, Pilangkenceng,“ Pungkasnya. (lem/ad).

Share :

Baca Juga

Madiun

Diduga Bunuh Diri, Pria Paruhbaya Tabrakan Dirinya ke Kereta Api Tangki

Madiun

Deklarasi Damai 11 Perguruan Silat se Kota Madiun

Madiun

Sosialisasi Netralitas ASN Di Pilkada Serentak 2018

Madiun

TMMD ke 102 di Madiun : Manunggal Membangun Karakter Generasi Milinial

Madiun

Kelurahan Sukosari Ikut Andil Lomba Kampung Tangguh Semeru Kota Madiun

Madiun

Awas,,,Pelaku Gendam Masih Bergentayangan Di Madiun

Madiun

Bansos Bulakrejo Belum “Clear”

Madiun

Manajemen Sugeng Rahayu Minta Pengendara Motor Bertanggung Jawab