Madiun /  -

Kabupaten Madiun Menuju Sentra Industri Batik

Agustus 31st, 2017 | Posted in Madiun | |
2017-09-20 16:35

MADIUN, (beritajurnal.com)- Batikah salah satu identitas budaya Indonesia yang secara resmi telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2009 bahwa batik merupakan warisan budaya. Namun bukan hanya identitas yang dimiliki secara nasional, secara kedaerahan batik juga menjadi identitas, karena dari Sabang sampai Merauke punya ciri batik masing-masing salah satunya kabupaten Madiun.

Untuk meningkatkan kwalitas dan daya saing produksi  batik, pemerintah daerah kabupaten Madiun melalui Dinas Perdagangan, Koperasi Dan Usaha Mikro (PERDAGAKOP UM) melaksanakan orientasi lapangan di kampung batik Kauman Pekalongan, serta pelatihan dan pembinaan kepada tenaga kerja dan masyarakat pengrajin batik dari kecamatan Dagangan, Kebonsari, Wungu, Balerejo, Madiun, Dolopo, Sawahan dan Kecamatan Pilangkenceng.

“Kabupaten Madiun memiliki potensi pengembangan produksi batik setara dengan batik daerah lain. Karena batik kabupaten Madiun mempunyai ciri khas corak dan motif yang berbeda sesuai wilayah dan tempat pengrajin batik,”Kata Anang Sulistiyono, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro, kabupaten Madiun.

Dengan mengikuti pembinaan dan pelatihan, Anang berharap akan semakin banyak pengrajin batik di wilayah kabupaten Madiun. “Disamping batik yang sudah ada diharapkan pengrajin mempunyai inovasi dan menciptakan motif baru sebagai Icon kabupaten Madiun sebagai salah satu kota batik di Jawa Timur,”ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Perindustrian, Perdagakop UM, kabupaten Madiun, Bambang Sujijiono, mengungkapkan, selain mengikuti pelatihan ketrampilan batik selama tiga hari di Pusat Pendidikan (Pusdik) Perhutani, Kota Madiun, 100 peserta pengrajin batik mendapat pembekalan metode pewarnaan alam dan sintetis dari nara sumber Griya Batik Mas Pekalongan.

“Pelatihan untuk merangsang masyarakat dan penggiat batik untuk berinovasi dan meningkatkan kwalitas produksi batik. Kedepannya kabupaten Madiun bisa menjadi salah satu kota tujuan wisata batik yang mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat kabupaten Madiun,”pungkas Bambang Sujijono.(Lem/adv)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.