Home / Madiun

Jumat, 15 Desember 2017 - 07:16 WIB

Kabupaten Madiun Stock Gas Elpiji Aman Hingga Awal Tahun

Madiun, (beritajurnal.com) – Menjelang perayaan hari Natal 2017 dan tahun baru 2018, team gabungan Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah agen gas elpiji di wilayah kabupaten Madiun. Team Satgas pangan yang terdiri dari Polres Madiun, Pertamina, Dinas Perdagkop kabupaten Madiun mendatangi dua agen penyalur gas elpiji diwilayah kecamatan Nglames dan kecamatan Mejayan.


Agus Suyudi, Kabid Perdagangan Dinas Perdagkop, Kabupaten Madiun

Petugas Pertamina Madiun, Agus Wiyono, didampingi Kepala Dinas Perdagkop, mengatakan, Sidak di sejumlah tempat ini bertujuan memonitor perkembangan harga dan memantau kesediaan kebutuhan gas elpiji menjelang hari Natal dan tahun baru. Dengan meninjau langsung stock elpiji di dua agen besar di kabupaten Madiun, yakni CV. Degan Ijo, di Kecamatan Nglames dan PT. Alfa Prima Gas, di Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.


Stock gas elpiji melimpah jelang Natal dan tahun baru

“Dari hasil sidak yang kita lakukan hariĀ  disimpulkan bahwa rata-rata komoditas kebutuhan gas elpiji masih relatif normal dan aman termasuk harga per tabung sesuai HET ditingkat pangkalan mengacu pada peraturan Gurbernur Jawa Timur,” Kata Agus Wiyono, Kamis (14/12/2017).


Agus Wiyono, Petugas Pertamina Madiun

Agus Suyono, memastikan, bahwa suplay gas elpiji 3Kg dikabupaten Madiun sangat aman dengan stock melimpah dan diprediksi mampu mencukupi kebutuhan warga hingga akhir bulan Desember 2017. Namun begitu untuk mengantisipasi kebutuhan warga ada peningkatan fakultatif hingga mencapai 60 persen/hari.

“Terhitung sejak 1 Desember 2017, ada peningkatan fakultatif hingga 60 persen dari alokasi harian untuk tiap agen gas elpiji. Untuk total keseluruhan secara pasti kami tidak tau dan menjadi kewenangan Pertamina Surabaya dan kita berfungsi distribusi penyaluran,” Terang Agus Wiyono.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perdagkop Kabupaten Madiun, Agus Suyudi, memastikan kebutuhan gas elpiji cukup aman hingga memasuki awal tahun 2018. Sesuai data dari Pertamina, kebutuhan di Kabupaten Madiun rata rata mencapai 1500 tabung/bulan. Sehingga kesediaan stock dari pertengahan bulan Desember 2017 hingga akhir bulan sangat aman.

“Dari data yang disampaikan petugas Pertamina di Kabupaten Madiun hingga awal tahun dijamin tidak terjadi kelangkaan gas elpiji. Untuk memantau perkembangan kebutuhan gas elpiji Dinas Perdagkop selalu berkoordinasi dengan Satgas pangan dan agen maupun pangkalan untuk mencegah kelangkaan dan permainan gas elpiji,” Ungkap Agus Suyudi.

Agus Suyudi, menegaskan, Dinas Perdagkop selaku pengawas selalu memantau dan menerima pengaduan dari masyarakat terkait penemuan atau permainan barang bersubsidi yang dilakukan agen dan pangkalan nakal. Namun dalam Sidak yang dilakukan tidak menemukan pelanggaran yang dilakukan agen atau pangkalan gas elpiji.

“Dinas Perdagkop selaku petugas pengawas selalu memantau perkembangan barang bersubsidi. Dan kami menerima pengaduan dari terkait temuan pelanggaran yang dilakukan agen dan pangkalan yang akan kami teruskan ke pihak Pertamina dan Satgas Pangan,” Pungkas Agus Suyudi.(Lem/ADV)

Share :

Baca Juga

Madiun

Brankas Milik Koperasi Dibuang di Sungai

Madiun

Polsek Manguharjo Digugat Praperadilan

Madiun

Bangun Sportifitas Danrem 081 Dirotsaha Jaya Resmikan Lapangan Tenis Kodim 0803 Madiun

Madiun

Perluas Wawasan Kehumasan Pemkab Madiun Ajak Jurnalis ke Badung

Madiun

KOPI KANDANGAN, KOPI NIKMAT DARI KABUPATEN MADIUN

Madiun

30 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka Satu Diantaranya Masih Dibawah Umur

Madiun

“Mbah Danoen” Pecel Dari Kedondong

Madiun

Aniaya Murid, 5 Pelatih Pencak Silat jadi Tersangka