Home / Magetan

Senin, 29 Oktober 2018 - 15:49 WIB

Kekeringan Meluas, Sekitar 5000 Warga Kekurangan Air Bersih

Warga menyerbu bantuan air bersih. (foto  Riyanto)

Warga menyerbu bantuan air bersih. (foto Riyanto)

Reporter : Riyanto

MAGETAN,- Musim kemarau yang berkepanjangan disejumlah daerah juga dirasakan ribuan warga di wilayah Magetan. Tercatat hingga saat ini sekitar 5000 warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka umumnya tinggal disejumlah daerah yang selama ini selalu menjadi langganan kekurangan air bersih.

Warga menyerbu bantuan air bersih. (foto Riyanto)

Seperti dialami warga dusun Sumber Meneng Desa Kuwon Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Mereka mengaku hanya mengandalkan bantuan droping air bersih dari Pemda Magetan. Pemandangan hampir tiap hari terlihat warga langsung menyerbu tangki air saat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, mengirim air bersih.

Kepala desa Karas, Murgiyanto mengatakan baru saat ini dalam sejarah desanya mengalami kekeringan cukup lama. Menurutnya, setidaknya sejak¬†dua bulan terahir warga desa mengalami krisis air bersih. “Karena¬† air sumur milik mereka mengering. Sehingga untuk kebutuhan air bersih setiap hari, mereka mengandalkan kiriman air dari BPBD Magetan,” jelasnya.

Sementara Ferry Yoga Saputra, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, mengatakan, jumlah warga yang mengalami krisis air bersih semakin bertambah.

“Di Desa Kuwon ada kurang lebih 2 ribu warga yang mengalami krisis air bersih. Sedangkan di Desa Sayutan Kecamatan Parang, ada kurang lebih 1.500 warga yang kekurangan air bersih. Saat ini terus meluas warga yang mengalami kekurangan air bersih,” tandas Ferry.

Dijelaskan, hingga saat ini, BPBD Magetan terus melakukan droping air bersih ke dua desa tersebut. Sedikitnya pengiriman 4 hingga 5 tangki setiap harinya. Apalagi setelah sejumlah wilayah di kecamatan Parang juga mengalami hal yang sama. Jika hujan tidak segera turun, diprediksi warga yang mengalami kekurangan air bersih akan semakin meluas. (yan)

Share :

Baca Juga

Magetan

Bupati Magetan Konsisten pada Isu Penyelamatan Lingkungan

Magetan

Jualan Miras Lagi, Polisi Amankan 99 Liter Arjo

Magetan

Elf Penuh Penumpang Masuk Jurang, 1 Tewas 17 Luka

Magetan

Komisi VI DPR RI Tanggapi Keluhan Kelangkaan Pupuk di Magetan

Magetan

Mahasiswi PTS di Ponorogo Tewas di Hotel Magetan. Benarkah Aborsi ?

Magetan

Tanjakan Licin, Dump Truk Terjun Jurang, Satu Tewas

Magetan

Sopir Dump Truk Bergolak, Tuntut Bisa Beroperasi Lagi

Magetan

Sambangi Magetan, Sartono Serap Aspirasi lewat Turnamen Volly