Home / Madiun

Kamis, 30 September 2021 - 18:08 WIB

Komplotan Specialis Maling Komputer Sekolahan Diringkus

Reporter : Dimas Salem

Madiun, beritajurnal.com, – Satuan Reserse dan Kriminal Polres Madiun berhasil meringkus dua dari lima orang pelaku spesialis pencurian komputer di wilayah Kabupaten Madiun. Dua orang yang telah diamankan dari tempat berbeda tersebut bernama Riyan Randipati warga Jakarta dan Sutikno warga Madiun.

“Sedangkan satu pelaku bernama JA telah diamankan Kepolisian Lebak Banten dengan kasus yang sama,” kata Kapolres Madiun AKBP. Jury Leonard Siahaan dalam pres rillisnya, Kamis, (30/09/2021).

Kawanan spesialis pencurian elektronik sebanyak lima orang ini memiliki peran masing masing dan kerap menyasar lab komputer sekolahan. Modusnya mereka sebelum beraksi menyurvey terlebih dahulu sasaran dan baru malam harinya mereka bergerak melakukan aksinya.

“Kami juga sudah mengantongi identitas dua pelaku lainya dan ditetapkan sebagai buron,” Terang Kapolres Madiun.

Kapolres Madiun AKBP. Jury Leonard Siahaan

AKBP Jury Leonard Siahaan, mengungkapkan, setelah berhasil menggasak puluhan komputer di dua sekolahan di Madiun, semua hasil pencurian dibawa ke Jakarta dan selanjutnya dijual. “Semua komputer hasil curian dari SMPN 1 Kare dan SMAN 1 Wungu dijual dibawa ke Jakarta dan dijual,” Ungkapnya.

“Dan cirinya di kedua TKP sama, yakni dengan merusak gembok pintu dan selanjutnya mereka melakukan aksinya,” Ungkapnya.

Sementara di SMAN 1 Wungu jumlah barang yang hilang yaitu 11 unit Komputer all in one merk ASUS, 1 CPU merk DELL, dan 1 LCD Proyektor merk SAMSUNG. “Sedangkan di SMPN 1 Kare, semua 25 unit komputer, 2 server dan 1 unit LCD proyektor,” jelas Kapolres Madiun.

Selain berhasil menangkap dua tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 4 buah gembok 1 unit CPU, 1 unit komputer, 2 unit adaptor, rekaman CCTV, 1 unit mobil Daihatsu SIGRA yang digunakan untuk beraksi. Kedua tersangka dikenakan pasal 363 ayat (1) ke-4, ke-5 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun.(lem).

Share :

Baca Juga

Madiun

Himbau Warga Jangan Mudik Pemdes Sumbersari Siapkan Ruang Karantina Bagi yang Bandel

Madiun

Aksi Pencurian Di Pasar Sambirejo Terekam Kamera CCTV

Madiun

AKBP Raden Bobby Disambut Para Guru dan Tokoh Perguruan Silat

Madiun

Dinas Perhubungan Akui Pengelolaan Parkir Belum Tertata

Madiun

Pengukuhan Paskibra Kota Madiun Tahun 2017

Madiun

Silaturahmi Tiga Pilar, Kapolres Klaim Wilayah Madiun Cukup Aman

Madiun

Majapahit Travel Fair 2018 Kabupaten Madiun Raih “The Best Atraction“

Madiun

30 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka Satu Diantaranya Masih Dibawah Umur