Home / Pacitan

Senin, 2 Desember 2019 - 11:44 WIB

KPU Pacitan Launching Pilkada 2020 di Alun-alun

Reporter : Danur Suprapto

PACITAN, – KPU Pacitan menggelar acara launching Pilkada 2020  pada Minggu (1/12) sore bertempat di alun alun kabupaten Pacitan. Acara launching Pilkada terlaksana dengan meriah, tumpah ruah masyarakat mendatangi alun alun sambari menonton hiburan reog Ponorogo di sore harinya. Sedangkan untuk malam harinya di hibur orkes melayu menghadirkan beberapa penyanyi terkenal.

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini, menuturkan acara ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa KPU Daerah Pacitan menandai telah dimulai nya tahapan Pilkada Pacitan 2020 dengan diawali Launching.

“Ini kegiatan cukup besar kami selengarakan, Tujuannya agar masyarakat paham kalau di tahun 2020 akan ada pesta demokrasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati. Sehingga masyarakat akan sadar dan menggunakan hak pilihnya,” kata Sulis Setyorini.

Dia juga meminta kepada para masyarakat untuk bersama sama mensukseskan pilkada 2020, serta bakal calon Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan agar mulai mempersiapkan segala persyaratan. “Kepada para bakal calon untuk dapat mencermati dan mempersiapkan segala hal tahapan dan peraturan KPU,” ungkapnya.

Pada kesempatan  yang sama, Wiwit Widi Santoso, Anggota Komisiner KPU Pacitan menambahkan ‘ada beberapa maskot dan jingle yang dilombakan dalam Pilkada Pacitan 2020 tersebut, Namun sebelumnya KPU telah mengundang seniman dan seniwati serta budayawan asal Pacitan untuk diikut sertakan sumbangsih pemikiran nya dalam menentukan yang terbaik.

“Kami meminta masukan dan rumusan, bagaimana maskot serta jigle dan slogan yang akan dipergunakan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati nanti. Rumusan itu kita sebarluaskan ke masyarakat dalam bentuk lomba Sehingga akan menarik partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Sedang pemenang utama jingle diraih atas nama Pratanda Fillahi (Menuju Pacitan Maju). Dua karya terbaik diraih Dhimas Fernanda Fadhillah Suryanto (Demokrasi Damai, Pacitan Sejahtera) dan Yuwinda Prawata Widita (Ayo memilih).

Terkait pemenang maskot, dari total 40 karya lomba yang masuk panitia KPU Pacitan, memilih karya Setiyono B. Sampurno sebagai pemenang. Dengan pertimbangan, ekspresi wajah Sang Wanara terlihat ‘sumringah’, sesuai tagline ‘bungah gumregah’. Begitu juga jari kelingking (tinta), tangan kanan pegang kertas sosialisasi coblosan dan ekor melilit paku. Asesoris didada adalah batik pace (khas Pacitan) dan juga mahkotanya ada akik.

Wanara juga mengambarkan identik dengan ‘Kethek Ogleng’, yang merupakan salah satu tarian khas Kabupaten Pacitan. Salah satu tarian yang juga merupakan kearifan lokal ciptaan Bapak Sutiman, dari Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan, Pacitan. Tahun ini, tarian Kethek Ogleng ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) nasional oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, lomba jingle diikuti sekitar 26 karya. Dari sejumlah karya peserta tersebut, Dewan Juri yang terdiri Gogot Cahyo Baskoro (Anggota KPU Jatim), Djohan Perwiranto dan Suharnowo, menetapkan ‘Bungah Gumregah’ karya grup band Srawung Pancer menjadi pemenang utama. (dnr/ad)

Berita ini telah dibaca 15 kali

Share :

Baca Juga

Manager Perspa Pacitan : Bacalon Bupati Pacitan Jangan Hanya Jual Tampang
Ketua Kartar Pacitan Terpilih, Sasar Optimalisasi SDM
Forkompinda Pacitan Pantau Pelaksanaan Natal
36 Panwascam Kabupaten Pacitan Dilantik dan Ikuti Diklat
Pemerintah Pusat Serahkan Paket Konversi BBM ke BBG ke Nelayan Pacitan
Memberantas Putus Sekolah, PKBM Maju Lancar Kampanyekan : Ayo Belajar
Ditlantas Polda Jatim Nilai Lomba KTL di Pacitan
Penyuluhan Jasa Keuangan Menuju Masyarakat Cerdas Bersyariah