Home / Madiun

Rabu, 19 Juni 2019 - 20:08 WIB

Langkah Dinas Ketahanan Pangan Stabilkan Harga Pangan

Reporter : Salem

MADIUN, – Pemantauan harga dan pasokan pangan pokok strategis baik dipasar atau konsumen serta tingkat produsen sangat penting dilakukan secara continue untuk pengendalian stabiltas kebutuhan pangan dan perubahan harga yang dapat terjadi setiap saat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DisKP) Kabupaten Madiun, Tjahyo Sukmono Djati, SE.,MM, pada saat melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Panel Harga Pangan Kabupaten Madiun, Selasa (19/6/2019).

Kepala Seksi Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DisKP) Kabupaten Madiun, Tjahyo Sukmono Djati, SE.,MM

“Menyikapi naik turunya harga pangan yang bisa terjadi setiap saat Petugas Penyuluhan Lapangan/enumerator dituntut cermat melakukan input data dan penyampaian informasi terkait pasokan harga pangan strategis,” Kata Tjahyo, diruang Rapat Graha Karangwungu Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun.

Menurutnya, sebagai upaya mendukung stabilisasi harga, kwalitas dan pasokan pangan pokok satrategis, kegiatan panel harga pangan sebagai alat untuk memantau dinamika harga dan pasokan baik ditingkat petani (Produsen) maupun pedagang (Grosir dan eceran) sesuai perubahan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Dari sini juga perlu adanya persamaan persepsi menentukan HET untuk kelas Premium, Medium dan Termurah bahan pangan non merk agar tidak terjadi bias dan tetap terpantau. Karena setiap perubahan sangat berpengaruh pada rantai distribusi bahan pangan,” Terangnya.

Kepala Seksi Distribusi Pangan DisKP Kabupaten Madiun menegaskan, para enumerator dituntut untuk memberikan informasi sesuai kondisi dilapangan dengan akurat dan tepat waktu untuk menjaga data kwaliditas, kwalitas dan kestabilan harga yang terjangkau daya beli masyarakat

“Dan setiap Informasi perubahan harga dan pasokan merupakan data penting yang akan dilaporkan dan dianilisis sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Madiun,” Terangnya.

Rapat Koordinasi Panel Harga Pangan Kabupaten Madiun, Selasa (19/6/209) dihadiri dari para enumerator/suverior pasar Dolopo, Sambirejo, Pagotan, Caruban Baru, UD. Padi Jaya Mejayan, UD. Mustika Jaya Geger, UD. Sumber Pangan Balerejo.

“Patugas BKP melakukan pemantauan harga beras dibeberapa pasar induk seperri di pasar Mejayan, pasar Dolopo, pasar Sambirejo dan Balerejo. Hasilnya kita laporkan ke bagian perekonomian untuk dilakukan anilisis dan pemgambilan kebijakan pemerintah daerah,” Pungkasnya.(lem/ad)

Berita ini telah dibaca 118 kali

Share :

Baca Juga

Tukang Becak dan Pengemudi Ojol dapat Ratusan Masker Gratis
HUT Bhayangkara Ke – 74 Polres Madiun Kota Bagikan SIM Gratis Dan Luncurkan Motor Tangguh Semeru
Dukung Pendidikan PT PLN Unit Madiun Serahkan Bantuan CSR Ke KB Nurul Ulum Nganjuk
Jumlah Positif Corona Bertambah, Bupati Peringatkan Warga Tidak Mudik
Himbau Warga Jangan Mudik Pemdes Sumbersari Siapkan Ruang Karantina Bagi yang Bandel
Satu PDP Di Kota Madiun Meninggal, Keluarga Pasien Dikarantina
Program CSR PT PLN (Persero) Serahkan Bantuan Alat Pertanian Ke LMDH “Ngudi Waluyo” Wungu
Maksimalkan PSBB, 44 KA Melintas di Daop 7 Dibatalkan