Home / Madiun

Rabu, 10 Juli 2019 - 13:02 WIB

Masuk 20 Besar 100 Smart City, Pemkot Madiun Gelar Bimtek Tahap Pertama

Reporter : Salem

MADIUN, – Kota Madiun masuk program gerakan menuju 100 Smart City 2019 yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Sebagai langkah awal penerapan menuju Smart City Pemerintah Kota Madiun melakukan persiapan salah satunya dengan menggelar bimbingan teknis (Bintek) sebagai acuan penerapan program.

Bimtek tahap pertama yqng berlangsung di Bima Ballroom Aston Hotel Madiun, Kamis (4/7/2019). Dihadiri 300 peserta, dengan narasumber Prof Marsudi Wahyu Kisworo sebagai ahli IT yang telah sukses membimbing Smart City kota-kota besar di Indonesia. Antara lain, Bandung, Makassar, Surabaya, dan Banyuwangi.

Walikota Madiun, Maidi menyatakan komitmennya untuk membawa perubahan disemua aspek guna mengimbangi percepatan kemajuan teknologi dan pembangunan Kota Madiun yang lebih baik. Untuk mewujudkan jal tersebut Wali Kota Madiun akan mengerahkan seluruh unsur OPD untuk membantu merealisasikan penerapan Smart City.

Prof Marsudi Wahyu Kisworo sebagai ahli IT

“Dari 98 Kota/Kabupaten, Kota Madiun masuk dalam 20 penerapan Smart City 2019. Ini merupakan peluang dan OPD harus tanggap dengan perubahan perkembangan di luar untuk membangun Kota Madiun,” Kata Walikota saat memberi sambutan Bintek pertama 100 Smart City 2019 di Ballroom Sun City Hotel.

Lebih lanjut, Walikota menjelaskan, Smart City merupakan jembatan untuk melaksanakan visi misi Panca Karya menuju Kota Madiun yang andalan dapat segera terwujud dalam masa lima tahun kedepan. Dan dengan terwujudnya penerapan konsep ini, diharapkan Kota Madiun dapat dipertimbangkan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Maidi berkeyakinan dengan kerjasama yang baik dari OPD maupun masyarakat perubahan dan kemajuan pembangunan di Kota Madiun sebagai kota andalan akan segera terwujud. “Dan secara otomatis dengan penerapan Smar City nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi yang lebih baik bagi masyatakat Kota Madiun. Dan ini juga sesuai dengan visi misi Walikota Madiun untuk masa pemerintahan lima tahun kedepan,” Terangnya.

Walikota pun memgajak seluruh lapisan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan Kota Madiun sebagai kota kebanggaaan bersama. “Kota ini milik kita bersama. Kota kita harus tampil bagus dan mampu bersaing dengan daerah lain. Karena itu kita berkomitmen untuk berkreatif dan berinovatif membangun kota ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Subakri menjelaskan bahwa bimtek tahap pertama ini bertujuan memberikan pemahaman tentang gerakan menuju 100 Smartcity bagi seluruh anggota. Dan merupakan bagian dari kerjasama Kementerian Kominfo karena Kota Madiun masuk sebagai 100 Kota Cerdas di Indinesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Subakri.

Guna penyusunan dokumen Smart City yang sesuai arahan ahli untuk durasi hingga 5 tahun ke depan, akan dibentuk tim pelaksana Smart City untuk menciptakan sistem program yang akan diwujudkan pada masterplan Smart City,” tandasnya. (lem/ad)

Berita ini telah dibaca 53 kali

Share :

Baca Juga

Dispendukcapil Kabupaten Madiun Gelar Sidang Isbat
Saksi Mengatakan Ada Pesta Miras Sebelum Melakukan Penusukan
Kegiatan Anti Property Program Pemprov Jatim Dan Budi Daya Ikan Lele di Kabupaten Madiun
DPRD Kabupaten Madiun Gelar Rapat Paripurna Mendengar Jawaban Bupati Madiun Atas PU Fraksi Fraksi DPRD
Pos Kamling RT. 017 RW. 06 Kelurahan Sukosari Maju Ke – 9 Besar Lomba Siskamling Pemkot Madiun 2019
Pemantauan Rokok Tanpa Cukai Diwilayah Perbatasan Hinggga ke Pedesaan
Peringatan Satu Tahun Kampung Pesilat Indonesia 14 Perguruan Sepakat Dukung dan Jaga Keamanan Kabupaten Madiun
Pawai Pesilat Aset Budaya Kabupaten Madiun