Home / Pacitan

Selasa, 20 Maret 2018 - 13:53 WIB

PA Pacitan Tegaskan PNS, TNI/Polri jika Cerai Harus Ikuti Regulasi yang Ada

Selasa (20/03/2018)

Reporter : Danur

 

PACITAN,- Pengadilan Negeri Agama (PA) Pacitan menegaskan tidak mempersulit izin perceraian bagi PNS,TNI dan Polri. Namun ada beberapa ketentuan yang harus di lewati terlebih dahulu sesuai regulasi di masing masing instansinya.

 

Pengadilan Agama Pacitan. (foto jurnal/Danur)

 

Bagi pegawai negeri sipil (PNS) ketentuan tersebut diatur dalam peraturan pemerintah no10 tahun 1983 pasal 3 ayat (1) yang telah diubah dengan PP no 45 tahun 1990 pasal 3 ayat (1).

Sedangkang bagi TNI diatur dalam pasal 9 ayat 1 peraturan menteri pertahanan Nomor 23 tahun 2008 dan untuk POLRI diatur dalam pasal 18 peraturan kepala kepolisian Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2010

Menurut Humas Pengadilan Agama Pacitan, Mochammad Muti, SH bahwa  ditahun 2018 hingga bulan Maret tercatat ada 8 PNS yang dalam proses perceraian. Sedangkan Polri dan PNS polri ada 2 orang yang sudah putus. Sedangkan untuk TNI hanya ada 1 orang

“Untuk Polri dan PNS polri di Pacitan di pertegas oleh surat edaran Kapolres Setyo Koes Heriyanto SH.SIK. MH No.B/431/III/Kep/2018 Basumda,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Nasrulloh Wakil ketua PA /Plt Pacitan bahwa proses perceraian dalam sebuah ikatan keluarga hendaknya dihindari dan bukan juga untuk mempersulit .

“Ini sebuah ketentuan dari masing masing instansinya dan harus di lalui terlebih dahulu karena memang ketentuan nya begitu,” ujar wakil Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan yang juga menjabat Plt ini saat ditemui di gedung Pengadilan Agama pada Selasa (20/03/18). (dnr)

 

Berita ini telah dibaca 8 kali

Share :

Baca Juga

Kecewa Lagi, Aksi PMII Gagal Audensi dengan Wakil Rakyat
Rekannya Kesandung Hukum, Ratusan Massa PSHT Datangi PN Pacitan
Polemik Pajak APK di Pacitan Menguat
Syukuran Warga Baru PSHT Hitamkan Kota Pacitan
Pacitan Raih Penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) tahun 2018
123 Linmas Kabupaten Pacitan Dibekali Keilmuan
Ribuan Penari Rontek Pacitan Pecahkan Rekor Muri
Longsor Terjang Pacitan, Empat Warga Tewas, Ratusan KK Mengungsi