Home / Pacitan

Jumat, 22 Maret 2019 - 14:17 WIB

Pacitan Sedang Merintis Masjid Ramah Anak

 

PACITAN,-  Masjid ramah anak (MRA) yang dicanangkan oleh DMI (Dewan Masjid Indonesia ) sudah ada yang terelisasi di Propinsi Jatim.. Masjid Nasional Al Akbar di Surabaya dan satunya masjid Sabillilah di Kota Malang, Adapun nantinya setiap Masjid agung yang ada di setiap kabupaten/kota menjadi pelopor utama.

Masjid Ramah anak menurut Suhadi Sekretaris DMI Jatim sesuai petunjuk PW DMI Jatim akan dikembangkan sampai tingkat kecamatan, menurutnya target tersebut diupayakan lebih cepat dari target Nasional yaitu 2030. Untuk Jawa Timur menurutnya akan lebih cepat dari itu.

“Masjid Ramah Anak itu adalah yang benar benar bisa membuat betah anak,di berikan fasilitas rekreasi, fasilitas edukasi, taman terbuka hijau, tempat perpustakaan , tempat mainan anak, bimbingan bermain islami ke anak dan lain-lain,” jelasnya. Salah satunya Masjid Agung harus bisa menginisiasi sedikit nya 10 masjid yang ada di wilayah sekitarnya. “Masjid Agung di tingkat Kabupaten harus mampu menjadi Patron masjid masjid lainnya,” urainya.

Ditambahkan oleh Suhadi bahwa Masjid ramah anak tersebut merupakan Rekam tangkap berpikir anak di kenalkan dari sejak kecil bahwa masjid adalah tempat yang nyaman,tempat yang indah dan benar benar membuat si anak nyaman dan ingin selalu kembali ke masjid.

Untuk di Pacitan Masjid Ramah anak belum ada, baru masjid besar Pacitan sajalah yang mulai merintis untuk mengarah ke masjid ramah anak ,Menurut Moh Nurul Huda Kepala Kemenag Pacitan kriteria menjadi masjid ramah anak itu banyak dintaranya tempat main Tangga dan peluncuran main anak, ada tempat pengajaran agama,ada tempat rekreasi, taman , ruang edukasi dan lain-lain.

“Di Pacitan dalam tahap merintis diantaranya mensiapkan fasilitaz Perpustakaaan, wifi,tempat santai anak, meja kursi,tempat belajar keagamaan anak dll,untuk realisasi secara utuh belum ,karena selain menyiapkan sarana dan prasarana juga perlu memberikan pemahaman kepada para orang tua si anak ,apa manfaat dan fungsi masjid ramah tersebut” ungkap Nurul Huda. (dnr)

Berita ini telah dibaca 187 kali

Share :

Baca Juga

Jadwal Imsakiyah Ada Keanehan di Wilayah Pacitan, Bukan Salah Cetak ?
APDP Ancam Laporkan Bawaslu Pacitan ke Pengadilan KIP
Bupati Pacitan Dilarikan ke RS Jogjakarta
KPU Pacitan Lantik PPK Terpilih 2020
Peletakan Batu Pertama Museum Galeri Seni SBY-Ani
Manager Perspa Pacitan : Bacalon Bupati Pacitan Jangan Hanya Jual Tampang
Ketua Kartar Pacitan Terpilih, Sasar Optimalisasi SDM
Forkompinda Pacitan Pantau Pelaksanaan Natal