Home / Ponorogo

Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:57 WIB

Pemdes Tanjungrejo Gelar Festival 100 Encek Tumpeng Tengah Sawah, Dihadiri Bupati Ipong

Reporter : Eko Setyo B 

 

TANJUNGREJO, BADEGAN, – Selama tiga hari sejak tanggal 11 Agustus 2019, suasana di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo berubah menjadi kawasan seni dan budaya.

Betapa tidak, pemerintah desa bersama masyarakat menggelar acara sedekah bumi menyambut panen raya dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun yang dikemas dalam Festival Tengah Sawah 2019, dengan berbagai seni budaya lokal, baik asli Ponorogo maupun budaya jawa agar tetap lestari. seperti Reyog Obyok Singo Kurdo, lomba tarik tambang kedo’an antar rt, tangkap lele massal, lomba tumpeng antar rt, senam massal tengah sawah dari ibu-ibu Pkk dan sebagai puncak acara, digelar Kirab tumpeng sebanyak 100 encek yang diarak dari Kantor Balai Desa Tanjungrejo menuju lokasi acara di area persawahan Dusun Genggong, Rabu (14/8/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Jamus Kunto, Muspika Kecamatan Badegan, Kades Se-Kecamatan Badegan, Polsek, Koramil, tokoh masyarakat dan ratusan warga memadati area persawahan dan jalan.

Kepala Desa Tanjungrejo, Mulyadi mengatakan, bahwa kegiatan Festival Tengah Sawah 2019 ini adalah wujud syukur masyarakat atas hasil panen raya yang aman dari bencana maupun hama penyakit.

“Memang sengaja kita mengangkat tema seni budaya adiluhung ini selain untuk melestarikan juga bentuk rasa syukur kita atas anugerah hasil panen raya sedekah bumi yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa yang kita kemas dalam acara Festival Tumpeng Tengah Sawah 2019,” kata Mulyadi.

Mulyadi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Desa Tanjungrejo dan Karang Taruna Smart Geng yang telah mendukung dan bekerjasama sehingga acara ini terselenggara dengan lancar dan sukses.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah meluangkan waktu dan berpartisipasi hingga terselenggara acara ini, tak terkecuali ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati Ipong Muchlissoni yang hadir sore ini hingga acara semakin lengkap,” ucap Kades terpilih yang dipercaya masyarakat tanjungrejo untuk memimpin dalam tiga periode ini.

 

Berkesempatan memberikan sambutan, Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni mengucapkan Selamat atas digelarnya Festival Tumpeng Tengah Sawah 2019 dan Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Desa Tanjungrejo, Badegan, Ponorogo.

“Selamat atas digelarnya Festival Tengah Sawah ini, dan Saya sebagai Bupati tentunya sangat mendukung kegiatan yang baik ini dengan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki, pangan yang diperoleh dalam satu tahun, sekaligus sebagai bentuk do’a agar kedepan masyarakat Desa Tanjungrejo diberikan rezeki yang melimpah, hasil panen yang baik dan barokah,” ujar Bupati Ipong.

Bupati berharap, agar antara Kepala Desa beserta perangkatnya dan warga bahu-membahu, guyub rukun, sesuai dengan slogan Desa Tanjungrejo, yaitu Manunggaling Karsa Mbangun Desa Kanthi Raharja, untuk membangun desa yang lebih maju dan sejahtera.

“Semoga kedepannya, Pemerintah Desa bersama warga Tanjungrejo selalu kompak, meningkatkan rasa kebersamaan, bersama-sama memajukan Desa Tanjungrejo menjadi desa yang berbudaya, religius dan sejahtera,” pungkasnya. (eko/ad)

Berita ini telah dibaca 16 kali

Share :

Baca Juga

Tutup Grebeg Suro, Adakan Ziarah ke Astana Gunung Srandil
Bersih Desa, Pemdes Patik Pulung Tampilkan 10 Dadak Merak
932 Sertifikat Terbit, Pemdes Bajang Balong Nanggap Wayang Kulit
Bantuan Rp 300 Juta untuk Infrastruktur Desa Sudah Dinikmati Hasilnya
Desa Bajang Balong, Tanggap Wayang atas Terbitnya 932 Sertifikat Massal
Bersih Desa Pulung, Kecamatan Pulung : Luncurkan Kartu Pulung Bersatu
Dor..!! Spesialis Bobol Brangkas Terjungkal
Lowongan 351 CPNSD Pemkab Ponorogo Segera Dibuka