Home / Madiun

Rabu, 22 Juli 2020 - 18:53 WIB

Pencoretan 56 Nama Penerima Bantuan BST Desa Bulakrejo Diduga Tanpa Sepengetahuan BPD

Reporter : Salem

Madiun, beritajurnal.com – Sejumlah 56 warga penerima bantuan Bhakti Sosial Terpadu (BST) di Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur dicoret dan batal menerima bantuan program Bupati Madiun.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Desa Bulakrejo, mengatakan, program bantuan BST merupakan pengajuan bantuan kepada Bupati Madiun tahun 2019 untuk warga jompo, warga pesakitan dan warga penderita sakit menahun.

“Sesuai SK Bupati Madiun sebanyak 75 warga menerima bantuan BST yang diajukan pada tahun 2019. Saat realisasi beberapa nama yang tercatat di SK Bupati dicoret dan diganti nama lain,” Kata salah satu warga Bularejo, Balerejo, Rabu (22/7/2020).

Lebih lanjut Dia, menuturkan, pencoretan nama warga penerima bantuan BST tersebut juga tanpa sepengatuan perangkat desa dan anggota BPD maupun unsur lembaga desa lainya. “BPD tidak mengetahui ada pencoretan data dan diganti siapa siapa hanya Kades yang tau,” Tuturnya.

Sementara Kepala Desa Bulakrejo, Jaenuri, tidak membantah adanya pencoretan nama warga penerima bantuan BST di desanya. Dia beralasan pencoretan dilakukan agar tidak terjadi tumpah tindih data dengan penerima bantuan Covid – 19 dari Kemensos.

“Dan jumlahnya tidak sebanyak itu. Hanya tiga orang yang dicoret dan diganti dengan nama warga lain. Karena agar tidak terjadi tumpang tindih dengan penerima bantuan dari Kemensos,” Ungkap Kepala Desa Bulakreja.

Jaenuri, berdalih pencoretan nama penerima bantuan BST desa Bulakrejo, atas saran dari Dinas Sosial Kabupaten Madiun dan sudah diketahui Sekretaris BPD. Pun begitu hal tersebut sudah sesuai dengan juklak/juknis penyerahan batuan BST.

“Nama nama warga penerima BST yang saya coret atas saran dari Dinsos (Dinas Sosial) dan diketahui Sekretaris BPD. Dan itu sudah sesuai dengan juklak/juknis yang ada, wong saya juga punya orang disana kok,” Dalih Jaenuri.

Diketahui, 56 warga penerima bantuan BST Desa Bulakrejo, dicoret namanya dan diganti dengan nama lain yang tidak terdaftar sesuai SK Bupati Madiun. Hal tersebut diketahui saat kegiatan penyerahan bantuan yang dilaksanakan kantor Desa, Sabtu (18/7/2020).

“Bantuan Bhakti Sosial Terpadu (BST) berbeda dengan bantuan Covid -19. Sumber dananya juga berbeda, SK Bupatinya juga jelas,” pungkasnya.(lem)

Berita ini telah dibaca 75 kali

Share :

Baca Juga

5 Pengedar Pil Double L Diringkus, Satu Diantaranya Jaringan Lapas
Cegah Kasus Pandemi Covid – 19 Korem 081/DSJ Kerahkan 2.488 Personil TNI
Polisi Berkuda Datangi Pengunjung Pasar yang Tak Bermasker
Kerjasama dengan PT Pos Indonesia Kabupaten Madiun Luncurkan Layanan Antar Dokumen Kependudukan
Deklarasi Damai 11 Perguruan Silat se Kota Madiun
Masa Libur Pergantian Tahun Baru 24 KA Reguler yang Dibatalkan Dioperasikan
Gebrak Masker, 10 Ribu Masker Untuk Memutus Rantai Penyebran Covid – 19 di Kabupaten Madiun
Upacara HUT Ke – 75 RI di Kota Madiun Berjalan Khidmat Ditengah Pandemi Covid – 19