Madiun /  -

PKB Usung Maidi – Inda Raya

Januari 3rd, 2018 | Posted in Madiun | |
2018-08-21 19:41

Madiun,(beritajurnal.com) – .Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan mengusung nama Maidi untuk maju sebagai bakal calon (balon) Walikota Madiun dan Inda Raya Ayu Miko Saputri sebagai balon Wakil Walikota Madiun, Jawa Timur, dalam Pilkada yang akan digelar secara serentak tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC PKB, Kota Madiun, Ngedi Trisno Yhusianto, kepada wartawan, Selasa (2/1/2018). “Sudah final kita (DPC PKB Kota Madiun, red) mengusung Maidi-Inda, sebagai bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Madiun pada pemilu mendatang,” kata Ngeri Trisno Yhusianto, Selasa (2/1/2018).

Keputusan ini berbalik arah setelah sebelumnya, Ngedi sempat melontarkan statment bahwa partainya bakal mengusung Maidi-Eko Widodo. Jika keputusan ini telah final, maka jelas Eko Widodo tersingir dari kendaraan PKB. Lantas, apa yang mendasari PKB mengusung Maidi-Inda? Menurutnya, perubahan yang cukup siginifikan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pengurus DPW PKB dikantor yang berada jalan Ketintang Madya, Surabaya, Sabtu (30/12/2017).

“Kemarin kita mengusulkan Eko Widodo itu karena insting politik. Tetapi berdasarkan data, ternyata berbeda, ” ujarnya.

Data yang didapat PKB didasari atas tiga faktor. Yakni fakta politik, akademik dan sosiologis. Dari fakta politik, kata Ngedi, elit partai di PKB, PDIP dan beberapa partai lain telah melakukan koordinasi untuk mengusung pasangan Maidi-Inda. Fakta akademik, diklaim hasil surfey elektabilitas Maidi tertinggi di Kota Madiun. Sedangkan elektabilitas Inda melebihi Eko Widodo. Juga fakta sosiologi dinilai masyarakat Kota Madiun sangat membutukan perpaduan peran gender.

“Tiga fakta itu yang mendasari. Akhirnya setelah dikaji, maka Maidi-Inda yang kita usung,” jelasnya.

Meski rekomendasi dukungan sudah jadi, tetapi DPC belum menerima secara resmi. Direncanakan, Ngedi bakal ke Kantor DPP PKB untuk mengambil rekomendasi pada hari Kamis (4/1/2018). “Informalnya sudah. Formalnya akan kita ambil hari Kamis,” tuturnya.

Sayangnya, hingga kini PKB dan PDIP belum menyatakan koalisi secara resmi. Namun, Ngedi menyampaikan dalam waktu dekat ini bakal melakukan komunikasi dengan elite PDIP di Kota Madiun. “Rencana mulai hari ini saya akan sowan ke elit politik,” jelasnya.

Ditambahkan, selain dua partai ini, Ngedi mengeklaim bakal ada dukungan dari partai lain. Lalu siapakah partai lain itu? Secara gamblang ia enggan menjelaskan. Tetapi dari sinyal perkataan yang dilontarkan, terlihat jelas bahwa, Demokrat, PAN dan PPP juga menginginkan Maidi-Inda sebagai pasangan balon kepala daerah.

“Kalau elite politik dari partai itu (Demokrat, PAN dan PPP, red) sudah komunikasi dengan elite partai kita (PKB, red),” katanya.

Sesuai rencana deklarasi Maidi-Inda, bakal dilakukan sebelum pembukaan pendaftaran paslon kepala daerah yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 8 sampai dengan 10 Januari 2018 mendatang. “Sebelum pembukaan pendaftaran, kita akan deklarasi bersama,” tandas Ngedi.(sumber www.realita.co.id)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.