Kediri /  -

Pondasi Jembatan Tambibendo Nggantung

April 25th, 2017 | Posted in Kediri | |
2017-10-22 22:40

KEDIRI, (JURNAL) – Debit arus sungai yang melintas dibawah jembatan Jembatan Tambibendo,Kecamatan Mojo Kabupaten kediri yang cukup deras, membuat tiang penyangga mulai tergerus. Bahkan, jika pondasi jembatan nyaris menggantung. Padahal jembatan vital ini merupakan akses Kediri-Tulungagung.

jembatan tambi bendo

Kini akses penghubung Kabupaten Kediri – Tulungagung yang berada di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dipasang pondasi penguat tiang penyangga. Sebelumnya, jembatan ini nyaris putus, karena tiangnya menggantung akibat tergerus banjir. Untuk mengantisipasi agar kondisi tidak lebih parah, pihak terkait melakukan pengecoran di bagian bawah tiang pancang.

“Kita buat bagian abotmen (landasan pondasi) runcing. Agar air bisa terpecah saat melintas,” kata seorang petugas yang sedang mengawasi pelaksanaan proyek. Pengerjaan sendiri segera dilakukan dengan melihat curah hujan yang saat ini masih agak reda. Sehingga arus sungai tidak begitu deras. “Mudah-mudahan, tidak sempai arus sungai naik dulu” jelasnya.

Jembatan yang melintas dialiran sungai brantas ini, memang cukup vital sebagai sarana penghubung antar dua kabupaten. Dari sisi kondisi jembatan, masih cukup kuat. Memang dalam beberapa kali, jembatan ini nyaris rusak setelah bagian sisi samping taludnya dihantam banjir. Bahkan, dua rumah sempat rusak dihantam arus sungai yang deras. Tak jarang, untuk mengantisipasi beban yang berat, terpaksa dilakukan system buka tutup untuk kendaraan yang melintas. (rdi)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.