Home / Magetan

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:13 WIB

Pos Lima Gunung Lawu Terbakar, Pendakian Ditutup

Puncak gunung Lawu terbakar. (foto ilustrasi)

Puncak gunung Lawu terbakar. (foto ilustrasi)

MAGETAN,-  Jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu di Magetan,  ditutup sejak Jumat dini hari akibat terjadi kebakaran di sekitar pos lima jalur pendakian Cemoro Sewu, dekat puncak Gunung Lawu.

Seorang pendaki asal Yogyakarta, Anton, menceritakan akibat jalur yang ditutup ia pun gagal merayakan Hari Kemerdekaan RI di puncak gunung tersebut.

“Rencana saya akan mendaki puncak Lawu melalui jalur pendakian Candi Cetho. Namun jalur ditutup, alasannya ada kebakaran di sekitar pos lima jalur pendakian Cemoro Sewu. Maka saya langsung ke Cemoro Sewu untuk mencari informasi yang sebenarnya,”ujar Anton di depan gerbang jalur pendakian Cemoro Sewu, Jumat (17/8) seperti dikutip dari Antara.

Sebelum ke Cemoro Sewu, katanya, Anton sempat mendatangi gerbang jalur pendakian Cemoro Kandang di Karanganyar.”Sebelum ke sini, saya tadi sempat mampir ke Cemoro Kandang. Di sana, jalur pendakian juga ditutup karena alasan adanya kebakaran,” katanya.

Selain Anton, puluhan pendaki dari berbagai daerah seperti dari Purwokerto, Solo, Jawa Tengah, Madiun dan Ngawi pun tertahan di gerbang jalur pendakian Cemoro Sewu karena penutupan jalur tersebut.

Seorang petugas penjaga loket, Suparman mengatakan untuk sementara jalur pendakian ditutup demi keamanan pendaki.

“Jalur ditutup sementara, karena terjadi kebakaran. Sewaktu-waktu bila kondisi sudah aman, akan dibuka kembali,” jelas Suparman.

Penutupan jalur pendakian Cemoro Sewu, kata dia, dilakukan sejak Jumat dini hari. Menurut Suparman, jumlah pendaki puncak Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu sejak Kamis lalu mencapai sekitar 1.500 orang. (ant)

Berita ini telah dibaca 106 kali

Share :

Baca Juga

Selfie, Ambil Air Biar Awet Muda, Terpeleset Tewas di Telaga Sarangan
Diduga Rem Blong, Minibus Sarat Penumpang Terjun ke Sawah, 1 Tewas
Diduga Kelelahan Rekapitulasi Suara, Ketua PPS di Magetan Meninggal
Nilai Jeblok, Siswa di Magetan Pilih Gantung Diri
Bupati Magetan Konsisten pada Isu Penyelamatan Lingkungan
Mess Karyawan Terbakar, Seorang Tewas Terpanggang
Diduga Rem Blong, Nenek Tewas Terjun ke Sungai, Cucu Selamat
Jokowi Berbagi Ilmu Bisnis untuk Usaha Mikro di Magetan