Home / Ponorogo

Rabu, 11 Maret 2020 - 12:24 WIB

Shalat Subuh Berjamaah Bersama Bupati Ipong di Masjid Al-Huda Desa Bulak

Reporter : Eko Setyo

PONOROGO, (JURNAL) – Gerakan shalat subuh berjamaah yang terus dilakukan oleh Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni mendapat sambutan serta apresiasi baik dari Pemerintah desa (Pemdes) Bulak dan juga anggota DPRD Kabupaten Ponorogo Dapil V.

Giat Sholat Subuh berjamaah Bupati Ipong diikuti oleh Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno, Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto, S.Pd, Sekda Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono, Kepala OPD Pemkab Ponorogo, Kepala Kemenag, Camat Balong, Kepala Desa Se-kecamatan Balong, Forkopimca Kecamatan Balong, Tokoh Masyarakat, Ulama dan seluruh warga Desa Bulak, Selasa (10/03/2020) dini hari.

Arini Musrifah, S.Ag., Kades Bulak mengucapkan selamat datang kepada Bupati Ipong bersama rombongan.

“Selamat datang di Masjid Al-Huda Desa Bulak. Kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai religius masyarakat dan sebagai motivator untuk memakmurkan masjid,” sambut kades Arini.

Sementara itu, Mahfut Arifin, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Ponorogo yang tak lain adalah suami dari Kades Arini, mengatakan pihaknya sebagai wakil rakyat mendukung program yang dilakukan oleh Bupati Ponorogo dalam rangka mendukung visi Bupati, yaitu Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius.

“Ini semua sesuai dengan visi Bupati Ipong, Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mahmud Arifin mengisahkan sejarah Masjid Al-Huda di Desa Bulak ini di bangun pada tahun 1840 yang didirikan oleh Mbah Khasan Mustofa dan istrinya Nyai Nawirah binti Abdul kharim, sebelumnya Masjid ini terletak dipinggir sawah berbatasan dengan Desa Bulu Kidul, karena di Desa Bulu Kidul terkana banjir akhirnya pada tahun 1977, masjid ini dipindahkan ke Desa Bulak di tanah Kas Pemerintah Desa.

Selanjutnya pada Tahun 2007 karena tidak sesuai dengan kondisi jamaah yang membeludak dan masjidnya terlalu kecil akhirnya berdasarkan rapat desa, masjid yang lama itu dipindah lagi ke tempat semula dan masjid ini dibangun mulai awal tahun 2007 hingga sampai sekarang sudah berdiri sekitar 13 tahun.

“Masjid yang lama kembali seperti yang semula dan Alhamdulillah jamaahnya banyak. Kegiatan di masjid diantaranya setiap malam sabtu legi diadakan dibaiyah, dan setiap malam sabtu berikutnya ngaji bersama oleh seluruh masyarakat Desa Bulak, serta setiap malam jum’at legi diadakan simaan Al-Qur’an dan malam sabtu pahing diadakan Dzikrul Gofilin se-desa Bulak serta Sarana prasarana anak – anak Diniyah sore mengaji,” jelas Mahfut Arifin.

Berkesempatan mendapatkan sambutan, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan shalat subuh berjamaah ini pahalanya besar sekali, selain itu juga bisa untuk menjalin ukhuwah kita sesama masyarakat. Bupati Ipong juga berpesan kepada masyarakat untuk terus melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid maupun musholanya masing-masing.

“Jaga subuh berjamaah, jaga kekompakan, dan jaga kerukunan karena itu modal penting dalam pembangunan,” tuturnya.

Bupati Ipong juga menyampaikan untuk memakmurkan masjid-masjid di Wilayah Ponorogo, terutama pada shalat subuh. Ia menghimbau untuk dapat melaksanakan salat lima waktu dengan berjamaah, terutama salat subuh.

“Mari kita makmurkan masjid-masjid kita terutama di kala subuh,” pungkasnya.

Setelah Sholat Subuh berjamaah bersama Bupati Ipong, kegiatan dilanjutkan dengan gowes bareng mengelilingi Desa Bulak bersama seluruh masyarakat dan diakhiri sarapan bareng dengan menu pecel ponorogo yang bertempat di halaman balai Desa Bulak. (Eko/ad)

Share :

Baca Juga

Ponorogo

Luka Wajah Setelah Disiram Diduga Air Keras Tetangga Sendiri

Ponorogo

Belajar Nyetir Sampai Terjun ke Sungai

Ponorogo

Sedekah Bumi Desa Carangrejo Nguri-nguri Tradisi dan Menjaga Lingkungan Asri

Ponorogo

Izza Ulya Paradisa, Juara 3 Paralayang Liga 4 Jatim

Ponorogo

Gudang Penyimpanan Gamping Ludes Terbakar

Ponorogo

Mbecak Sampek Akhir Hayat

Ponorogo

Warkop Jalan Baru, Satpol PP : Kalau Remang-remang Tutup Sementara Dulu

Ponorogo

Akper Pemkab Ponorogo Tetap Marger dengan Poltekes Malang