Home / Madiun

Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:01 WIB

Sosialisas dan Advokasi Pelaksanaan Program Kerja Prioritas Bidang Kesehatan Kabupaten Madiun

Reporter : Dimas Salem

Madiun, beritajurnal.com – Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, melaksanakan sosialisasi dan advokasi pelaksanaan program prioritas bidang kesehatan Kabupaten Madiun, di joglo Kali Catur Resort Madiun, Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Selasa (26/10/2021).

Pertemuaan yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Sufiyanto, menyampaikan beberapa gambaran usaha pemerintah Kabupaten Madiun tentang pencegahan stunting, kematian ibu hamil dan anak kepada bidan desa dan para kader kesehatan.

“Pemerintah sejak dini sudah melakukan pencegahan Stunting dan meminimalisir kasus kematian anak dan ibu hamil dengan melakukan sosialisasi dengan melibatkan bidan desa dan para kader kesehatan,” Kata Sufiyanto, Selasa (26/10/2021).

Dia, mengungkapkan, selama masa pandemi covid-19, bidang kesehatan dihadapkan pada bagaimana menjaga keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan penanganan pandemi dan pemenuhan pelayanan kesehatan.
“Indikator keberhasilan dapat dilihat perubahan perilaku dari tingkatan pola hidup masyarakat hidup bersih dan sehat,” Ungkapnya.

Sementara Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Drg. Fitria Dewi memberikan pemaparan penyebab terjadinya kasus kematian ibu dan anak lahir stunting. “Pernikahan dibawah umur menjadi embrio kasus stunting dan kematian ibu hamil. Pencegahan stunting sendiri merupakan cara efektif mencegah gagal tumbuh pada anak,” ujar Vitria.

Vitria, menjelaskan, cara pencegahan stunting pada anak dapat dilakukan dengan beberapa sejak mulai masa ibu hamil, pemeriksaan kehamilan secara rutin, asupan gizi yang cukup, hingga pendampingan untuk ibu hamil dan memantau pertumbuhan janin dalam rahim dan pola hidup sehat.

“Kasus stunting bisa terjadi karena berbagai faktor. Diantaranya, faktor ekonomi keluarga, kondisi lingkungan yang dipengaruhi oleh kesenjangan ekonomi, jaminan sosial, hingga sistem pelayanan kesehatan,” Jelasnya.

Dalam hal ini dibutuhkan pengetahuan dan kesadaran ibu hamil akan pentingnya pola asuh, pola makan bergizi, pola hidup yang bersih dan sehat dalam membentuk generasi sehat dan berkualitas. “Karena masa kehamilan adalah masa awal di mana janin yang tumbuh memerlukan perlakuan khusus dengan menjaga kesehatan secara keseluruhan,” Tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Kabid pembangunan dan Pemberdayaan Kemasyarakatan Kabupaten Madiun, Basudewo Aji Pamungkas memberikan pemaparan tentang dana desa yang diprioritaskan untuk biaya pelaksanaan program dan kegiatan tingkat desa termasuk bidang kesehatan termasuk pemanfaatan dana desa untuk penanganan stunting.

Dia mengklaim pihaknya telah memulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting. “Sebanyak 198 desa di Kabupaten Madiun, dokumen rencana pembangunan desa selama satu tahun sudah clear dan perencanaan penganggaran, batas maskimal adalah akhir tahun atau pada tanggal 31 Desember 2021, APBDES sudah disahkan,” Pungkas Basudewo.

Kegiatan sosialisasi dan advokasi ini merupakan program kerja Pemerintah Kabupaten Madiun yang pembiayaannya bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kabupaten Madiun.(lem/adv)

Ciri ciri rokok ilegal : 
– Rokok polos atau tanpa pita cukai
– Rokok dengan pita cukai berbeda
– Rokok dengan pita cukai bekas
– Rokok dengan pita cukai palsu

*Mari Kita Sama Sama Gempur Rokok Ilegal*

Share :

Baca Juga

Madiun

Dukung Pendidikan PT PLN Unit Madiun Serahkan Bantuan CSR Ke KB Nurul Ulum Nganjuk

Madiun

Cegah Gratifikasi Pemkot Madiun Undang KPK

Madiun

Silaturahmi Tiga Pilar, Kapolres Klaim Wilayah Madiun Cukup Aman

Madiun

Polisi Periksa 9 Saksi Pasca Insiden Mejayan

Madiun

Ramadhan, Ribuan Liter Miras Dimusnahkan

Madiun

Silaturahmi dengan Ketua Perguruan Silat, Kapolres Madiun Dikukuhkan Sebagai Warga Kehormatan

Madiun

KAI DAOP 7 Terjunkan Paramedis Cegah Virus Corona Covid 19

Madiun

Deteksi Kerawanan Pangan Kabupaten Madiun Lakukan Survey PPH 2017