Home / Madiun

Rabu, 3 Januari 2018 - 17:50 WIB

Sosialisasi Tiga Pilar Jelang Pilkada Serentak Di Kabupaten Madiun

Madiun,(beritajurnal.com) – Memasuki tahun politik dan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2018, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Kabupaten Madiun melaksanakan mensosialisasikan Pilkada serentak di Ruang Rapat Eka Kapti Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Madiun di Mejayan, Caruban, Kamis (21/12/2017).

Kepala Bangkesbangpoldaggri Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si, saat membuka acara sosialisasi Pilkada serentak oleh Tiga Pilar

Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Madiun, Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si mengatakan, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pemilihan Bupati Madiun dan Wakil Bupati Madiun serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Hal tersebut merupakan amanat dari UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 6 tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Untuk terlaksananya pemilukada yang demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia perlu adanya dukungan dari semua pihak sehingga tercipta suasana yang aman dan kondusif,” Kata Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si.

Salah satu Nara sumber dari Unsur TNI

Lebih lanjut Agus Budi Wahyono, menjelaskan, Pemerintah memberi dukungan dan memfasilitasi dalam bentuk tahapan pelaksanaan Pemilukada, kebijakan regulasi anggaran, pelaksanaan, personil, sarana dan prasarana serta sosialisasi sebelum pelaksanaan Pilkada. “Dan sosialisai ini untuk memberikan pemahaman sekaligus pemantapan kepada para stake holder lain diluar penyelenggara, yaitu Pemerintah Daerah, Kepolisian, TNI, Pemerintah Desa, Media Massa dan masyarakat. “ Jelasnya.

Semantara panitia penyelenggara sosialisasi Pilkada, Kabid Politik dan Integrasi Bangsa Bakesbangpoldagri Kabupaten Madiun, Tarnu Ashidiq, S.Ag, M.Si, mengatakan, sosialisasi Pilkada perlu dilaksanakan untuk membangun kebersamaan dan menyamakan persepsi bagi stake holder penyelenggara Pemilu di lapangan agar pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Madiun tahun 2018 aman dan kondusif. Dengan mempersiapkan jadwal tahapan Pemilukada, netralitas aparatur sipil negara, data penduduk pemilih yang telah mengikuti perekaman E- KTP, jadwal pelaksanaan kampanye serta tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

Panitia penyelenggara, Tarnu Ashidik, S.Ag, M.Si

“Untuk menjaga keamanan dan ketertiban dan memantabkan rasa persatuan dan kesatuan di Kabupaten Madiun yang telah terbina dengan baik selama ini, perlu adanya peran aktif dari tiga pilar dan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai unsur lainnya,” Ungkap Tarnu Ashidiq, S.Ag, M.Si.

Sosialisasi Pilkada tiga pilar dengan nara sumber dari Dosen Fakultas Hukum Unmer Madiun, Mudji Raharjo, SH, M.Si, Kasat Intelkam Polres Madiun, AKP Sarni, SH dan Danramil 0803/08 Mejayan, Kapten Inf Heru Purnomo, dihadiri oleh Camat beserta Muspika se- Kabupaten Madiun wilayah utara, Kepala Desa/Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibmas, Perangkat Desa se- Kabupaten Madiun wilayah utara.

“Diharapkan melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman serta meningkatkan koordinasi dan konsolidasi antara berbagai unsur terkait sehingga penyelenggaraan Pemilukada berjalan dengan tertib, lancar, aman dan kondusif. Dan tidak terpengaruh dengan berita berita dan isu politik yang menimbulkan keresahan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018,“ pungkasnya.(lem/ADV).

Share :

Baca Juga

Madiun

Bapak dan Anak Ditemukan Membusuk di Rumahnya

Madiun

Langkah Dinas Ketahanan Pangan Stabilkan Harga Pangan

Madiun

Masuk 20 Besar 100 Smart City, Pemkot Madiun Gelar Bimtek Tahap Pertama

Madiun

Peringatan Satu Tahun Kampung Pesilat Indonesia 14 Perguruan Sepakat Dukung dan Jaga Keamanan Kabupaten Madiun

Madiun

Curi Motor Matic Residivis Kembali Diringkus Polisi

Madiun

Warga Cilacap Diringkus Didepan Terminal Purbaya Madiun

Madiun

Lomba Gerak Jalan Dan PBB Tingkatkan Generasi Muda Kota Madiun Yang Disiplin Dan Berkarakter

Madiun

Operasi Zebra Semeru 2020, Polres Madiun Bagikan Helm Gratis