Home / Ponorogo

Kamis, 26 Maret 2020 - 08:48 WIB

Subuh Berjamaah dan Gowes Bareng Bupati Ipong di Masjid Al-Karim Desa Mojorejo

Reporter : Eko Setyo

MOJOREJO, JETIS (JURNAL) – Gerakan Subuh Berjamaah yang dilakukan pemerintah Kabupaten Ponorogo kini memasuki masjid ke-70 sejak dicanangkan Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni dan hingga kini terus didengungkan. Salah satunya di Masjid Al-Karim, Dukuh Bantengan, Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Giat Sholat Subuh berjamaah Bupati Ipong diikuti oleh Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno, Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto, S.Pd, Sekda Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono, Kepala OPD Pemkab Ponorogo, Kepala Kemenag, Camat Jetis, Kepala Desa Se-kecamatan Jetis, Forkopimca Kecamatan Jetis, Tokoh Masyarakat, Ulama dan seluruh warga Desa Mojorejo, Kamis (12/03/2020) dini hari.

Kepala Desa Mojorejo, Hermanto, mengucapkan selamat datang kepada Bupati Ipong bersama rombongan.

“Selamat datang di Masjid Al-Karim Desa Mojorejo. Kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai religius masyarakat dan sebagai motivator untuk memakmurkan masjid dan semoga dengan silaturahminya bapak bupati dengan masyarakat desa mojorejo bisa memberi manfaat yang berarti,” sambut kades Hermanto.

Sementara itu, Samuri, Takmir Masjid Al-Karim Desa Mojorejo menceritakan awal berdirinya masjid tersebut, konon didirikan tahun 1638 Masehi oleh santri dari pondok Tegalsari dan termasuk masjid tertua di Ponorogo.

Lawatan memakmurkan masjid sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat desa Mojorejo, bupati juga menyerahkan infak kepada takmir masjid. Bupati juga mengakui jika program gerakan subuh berjamaah yang sudah berjalan hampir setahun sangat bermanfaat.

“Kini hampir di semua wilayah di Ponorogo banyak sekali ajakan kepada masyarakat untuk selalu memakmurkan masjid,” ujarnya.

Bupati juga punya keinginan agar masjid-masjid yang ada di Ponorogo jamaahnya banyak.

“Saya yakin kalau masjid-masjid di Ponorogo jamaahnya banyak dan masjidnya makmur, Allah SWT, juga akan memakmurkan masyarakatnya,” terang Bupati Ipong.

Usai shalat subuh berjamaah dan ramah tamah, kegiatan dilanjutkan gowes bareng dengan rute mengelilingi wilayah desa mojorejo. Kemudian kegiatan dilanjutkan penanaman pohon tabebuya di tepi persawahan dan tepi lapangan Desa. Penanaman ini dengan maksud tujuan untuk menjadi salah satu upaya meningkatkan tabungan air disekitar persawahan sebagai tindaklanjut pembuatan puluhan biopori di Mojorejo yang bertemakan Gerakan Mojorejo Lestari.

Bupati Ipong selanjutnya mengikuti senam gerakan tangan untuk mengingatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang salah satunya adalah mencuci tangan dengan benar.

Sebelum kegiatan ditutup dengan sarapan bareng dan foto bersama, Karang Taruna “Sasana Bina Bangsa” Desa Mojorejo memberikan cinderamata kepada Bupati Ipong. (Eko/ad)

 

Share :

Baca Juga

Ponorogo

Karya Bakti Koramil Sooko Bersihkan Meterial Longsor di Desa Bedoyo

Ponorogo

Peringati HUT RI ke 74, Pemerintah Desa Mlarak Gelar Pentas Seni Gajah dan Reyog Ponorogo

Ponorogo

Banjir Terjang kawasan Pasar Pon Ponorogo

Ponorogo

Kakak Beradik jadi “Tumbal” Sungai Keyang

Ponorogo

Bantuan Rp 300 Juta untuk Infrastruktur Desa Sudah Dinikmati Hasilnya

Ponorogo

Pupuk Sinergitas, Kodim – Polres Upacara Bendera Bersama

Ponorogo

Kepergok Mesum, Diarak Warga Keliling Kampung

Ponorogo

Cegah Kegiatan Siluman, KPK Gencar Galakkan sistem Aplikasi Monitoring Centre for Prevention