Kediri /  -

Terancam DO, Gara-gara Belum Lunasi SPP

Mei 13th, 2017 | Posted in Kediri | |
2017-08-19 03:43

KEDIRI, (JURNAL) – Sejumlah aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kediri angkat bicara perihal nasib Bayu Wahyudi Pratama, siswa kelas 1 E Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kandat, Kabupaten Kediri yang terpaksa drop out hanya karena tidak sanggup membayar iuran sekolah. Menurut para aktivis, pemerintah harus turun tangan agar putra Ramidi ini bisa sekolah kembali dan mengikuti ujian kenaikan kelas, Senin (15/5/2O17) besok.

“Kami berharap pemerintah melalui sekolah bisa membantu Bayu mengikuti ujian besok Senin di sekolah. Apalagi Bayu punya KIP yang pembiayaan belajarnya dijamin oleh pemerintah pusat,” tegas Arif Witanto, dari Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Jawa Timur, di rumah Bayu di Dusun Ringinjejer, Desa Ringinanyar, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jumat (12/5/2O17).

Sementara itu, Badrus, dari LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kediri menyatakan rasa keprihatinannya. Menurutnya, sekolah sudah telah bertentangan dengan program pendidikan Nasional, yaitu wajib belajar (Wajar 9 Tahun).

“Wajib belajar 9 tahun dan ada dana BOS (Biaya Operasional Sekolah untuk bantu program itu. Jadi kebijakan MTsN Kandat bertentangan dengan program Nasional. Kalau anak yang sekolah terlanjur keluar, maka harus masuk sekolah lagi dan itu juga menjadi kewajiban Kantor Kementerian Agama (Kemenag Kabupaten Kediri. Pihak sekolah harus dijatuhi sanksi,” tandasnya.

Sekadat diketahui, hanya gara-gara tidak sanggup membayar uang pembelian buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dan amal jariyah, seorang pelajar kelas 1E MTs Negeri di Kabupaten Kediri gagal ikuti ujian kenaikan kelas. Pelajar dari keluarga kurang mampu ini terpaksa menandatangani surat keterangan drop out atas pertimbangan ekonomi orang tuanya.

Sejak, Kamis kemarin, putra semata wayang Ramidi ini sudah tak bersekolah. Orang tuanya terpaksa menandatangani surat pengunduran diri anaknya karena tak sanggup membayar iuran sebesar Rp 1,650 juta. (brt)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.