Madiun /  -

Wonderful Madiun Carnival Dan Seni Dongkrek Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke – 449

Agustus 12th, 2017 | Posted in Madiun | |
2017-09-20 16:18

Madiun, JURNAL,- Puncak peringatan Hari jadi ke 449 Kabupaten Madiun Tahun 2017, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pameran wisata dan festival budaya yang di kemas dalam Sepasar Ing Mediun (SPASMA) yang dilaksanakan selama Sepasar atau lima hari di pusat pemerintahan (Puspem) kabupaten Madiun dan Alon Alon Madiun di Mejayan.

Sebagai puncak pesta rakyat tiap setahun sekali ini, panitia peringatan hari jadi kabupaten Madiun melaksanakan gelar kirab budaya Dongkrak Dongkrek, dibuka dan diberangkatkan dari Alon alon Mejayan, oleh Bupati Madiun, H. Muhtarom S.Sos, yang diikuti oleh ratusan pelajar setingkat SMP, SMU/SMK dan beberapa lembaga sekolah di wilayah kabupaten Madiun, Selasa (25/7/2017).

Bupati Madiun bersama jajaran Pimpinan Forpimda membuka Wonderful Madiun Carnaval 2017

Kirab budaya seni dongkrek, mendapat apresiasi dari bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos, mengatakan, kegiatan Kirap Budaya Dongkrek tahun ini merupakan upaya pemerintah menggali potensi wisata budaya di masyarakat. Dengan harapan dapat  menarik wisatawan berkunjung diwilayah Madiun dan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dongkrek merupakan salah satu budaya asli kabupaten Madiun yang harus dilestarikan dan dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat serta mampu memikat daya tarik pariwisata yang sudah ada,” kata H. Muhtarom, S.Sos.

Seni Dongkrek budaya leluhur kabupaten Madiun

Untuk menjaga keaslian kesenian khas kabupaten Madiun ini, lanjut Bupati, perlu adanya keterlibatan semua unsur masyarakat melalui pendidikan di sekolah setingkat SD, SMP dan SMU/SMK maupun sanggar tari yang ada di kabupaten Madiun. Dan harus dikenalkan kepada anak sejak usia dini tentang kesenian Dongkrek yang memiliki unsur sejarah di kabupaten Madiun.

“Masyarakat sangat berharap, Dongkrek bisa menjadi salah satu Icon kabupaten Madiun selain pencak silat yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan dunia internasional. Dengan memperkenalkan Dongkrek sejak dini dengan mengadakan berbagai event dan lomba ditingkat pelajar sangat membantu melestarikan kesenian Dongkrek,”lanjut Bupati Madiun.

Dengan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Madiun, Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Madiun.
Bupati memberangkatkan rombongan kirab budaya Dongkrak Dongkrek dari alon-alon Kabupaten Madiun di Mejayan-Caruban untuk selanjutnya menelusuri beberapa ruas jalan protokol, jalan raya Mejayan-Caruban dan kembali ke Puspem kabupaten Madiun.

Selain kirab seni dongkrak dongkrek, pawai budaya hari jadi kabupaten Madiun tahun 2017 dimeriahkan oleh bintang tamu Didik Nini Thowok dan Wonderful Madiun Carnival yang diikuti oleh ratusan peserta dari unsur masyarakat, pemerintahan, swasta dan pelajar di seluruh wilayah kabupaten Madiun.(Lim/adv)

Suka Artikel ini, Bagikan!
  • Twitter
  • Facebook

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.