Home / Pacitan

Jumat, 10 Juni 2022 - 20:55 WIB

72 Sapi di Pacitan Positif Terjangkit PMK

 

Pacitan,– Berdasarkan surat edaran bupati, pasar hewan harus ditutup serentak mulai tanggal 10 Juni sampai 23 Juni 202 mendatang,, ini perlu ada penutupan pasar hewan untuk menekan migrasi (perpindahan)

Berdampak penutupan sementara pasar hewan akibat Semakin tak terkendali kasus Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di Kabupaten Pacitan. Setidaknya, per 9 Juni 2022 di laporkan sudah ada 72 hewan ternak yang dinyatakan positip PMK. Hal itu terungkap dari hasil rapat koordinasi Dinas Pangan dan Pertanian dengan anggota DPRD di Gedung DPRD, Kamis(9/6/22).

Hasil dari uji laboratorium di balai veteriner akhirnya dari jumlah 26 sampel itu 23 sampel diantaranya dinyatakan positip. Kalau telah ada yang positip maka tak ada lagi uji sampel, semua hewan yang mengarah ke gejala mirip PMK langsung dinyatakan positip. Dan kini per 9 Juni 2022 ada 70 hewan ternak dinyatakan positip PMK di Pacitan.‚ÄĚkata Pamuji Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan.

Ditambahkan Pamuji, untuk penyembuhan hewan yang tertular PMK di Pacitan itu banyak alami kendala. Salah satu diantaranya belum adanya vaksin, sebatas pemberian vitamin namun itupun stok vitamin yang dimiliki Dinas Pertanian sangat terbatas dan ironisnya lagi, pos anggaran untuk pelayanan kesehatan hewan dalam APBD hanya di jatah Rp. 20 juta.( BRT)

Share :

Baca Juga

Pacitan

Bagus Pratikna Nahkoda Baru KNPI Pacitan Masa Bakti 2019-2023

Pacitan

Pilkades Nglaran 2019 Berjalan Lancar dan Kondusif

Pacitan

Horeeeee ! Tunjangan GTT/PTT se Pacitan Akan Segera Cair

Pacitan

Benarkah ada Calo Antrian Tiket di RSUD Pacitan ?

Pacitan

KPU Pacitan Tetapkan Aji-Gagarin Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Pacitan

Manager Perspa Pacitan : Bacalon Bupati Pacitan Jangan Hanya Jual Tampang

Pacitan

Bola Voli Putra Pacitan Porprov Jatim 2019 ukir sejarah

Pacitan

Ribuan Penari Rontek Pacitan Pecahkan Rekor Muri