Home / Madiun

Rabu, 31 Maret 2021 - 17:06 WIB

Aksi Solidaritas Untuk Wartawan Tempo, Jurnalis Madiun Gelar Demo Virtual

Reporter : Dimas Salem 

Madiun, beritajurnal.com – Puluhan Jurnalis Madiun menggelar aksi solidaritas di kawasan taman Ngrowo Bening, Senin (29/3/2021)
atas dugaaan kekerasan dan penganiayaan yang dialami wartawan Tempo, saudara Nurhadi saat menjalankan tugas jurnalistik.

Selain mengecam tindakan oknum aparat terhadap wartawan Tempo, puluhan jurnalis Madiun melakukan demo dan membuat peryataan sikap secara virtual untuk memberi dukungan moril atas tragedi yang dialami Nurhadi.

“Kami sangat menyayangkan masih ada tindak kekerasan dan intimidasi yang dilakukan oknum aparat terhadap wartawan saat melakukan kerja jurnalistik,” Kata Adi Jaguar, Koordinator aksi dari Koran Memo.

Dalam aksinya, Jurnalis Madiun mengutuk dan menuntut pihak kepolisian untuk mengusut tuntas aksi kekerasan terhadap jurnalis dan menyeret oknum aparat pelaku dugaan penganiayaan hingga proses peradilan.

“Jika hal ini dibiarkan, insiden kekerasan seperti ini akan terus kembali terulang. Padahal sudah sangat jelas tugas jurnalistik dilindungi UU No 40/1999 Tentang Pers,” tandasnya.

Sementara menurut Dhimaz, dari Rmol.id mengungkapkan, aksi solidaritas dan demo virtual ini dilakukan agar tidak muncul cluster baru mengingat Indonesia saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid – 19 dan penerapan Protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Saya yakin dengan aksi virtual ini sudah sangat mewakili dan suara kami bisa tersampaikan dan akan ditindak lanjuti oleh aparat penegak hukum untuk kasus ini,” ungkap Dhimaz.

Menanggapi aksi solidaritas jurnalis Madiun untuk wartawan Tempo, Kapolres Madiun Kota, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, akan menyampaikan kepada pimpinan dan menjadi catatan buat Polres Madiun Kota untuk menjaga keharmonisan dan komunikasi dengan pekerja media di Kota Madiun.

“Dan saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan rekan rekan jurnalis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menggelar aksi solidaritas atas insiden yang terjadi,” Pungkas AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

40 Warga Madiun Ikuti Pembinaan dan Pelatihan Sablon*

Madiun

Peringati Hari Disabilitas Internasional Puluhan Guru SLB Gowes Bareng 15 Kilometer

Madiun

Aksi Pencurian Di Pasar Sambirejo Terekam Kamera CCTV

Madiun

900 Personil Gabungan Disiagakan Menghadapi Musim Penghujan dan Cuaca Ekstrim

Madiun

Festival Photography Promosikan Wisata Dan Budaya Ke Mancanegara

Madiun

Dua Pelajar Tertimpa Pohon Trembesi, Satu Tewas

Madiun

Motor vs Motor di Jiwan, Satu Tewas di TKP

Madiun

Terinspirasi Nenek Moyang, Warga Doho Cegah Corona Pakai Tandon