Home / Madiun

Sabtu, 28 September 2019 - 09:12 WIB

Aliansi Jurnalis Madiun Kecam Arogansi Aparat Terhadap Wartawan

Reporter : Salem

MADIUN,- Sebagai bentuk protes dan penolakan tindakan arogansi yang dialami beberapa wartawan oleh aparat kepolosian, puluhan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Madiun (AJM) menggelar aksi damai didepan patung Mas Trip, Aloon Aloon Kota Madiun, Jum’at (27/9/2019).

Dalam aksinya, puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik membawa poster berbagai tulisan kecaman kepada aparat kepolisian saat melakukan pengaman aksi demo mahasiswa dibeberapa kota di Indonesia yang dinilai keluar dari prosedural dan anarkis.

“Ini juga merupakan aksi solidaritas kepada rekan rekan wartawan yang menjadi korban arogansi aparat saat melakukan liputan aksi demo mahasiswa kemarin,” Kata Abdul Jalil, Korlap AJM, Jum’at (27/9/2019).

Selain membawa poster bernada kecaman, puluhan jarnalis Madiun menutup mulut dan mata dengan lakban sebagai simbol kebebasan pers dibungkam dan tidak dipandang oleh aparat yang seharusnya menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. “Padahal wartawan memakai ID card tetap saja oknum Polri bertindak brutal,” ujarnya.

AJM juga meminta RUU KUHAP berisikan sejumlah pasal yang dapat merugikan insan pers dihapus. Pasal, jika disahkan dikhawatirkan akan membelenggu pers sebagai corong informasi masyarakat.“ Bukan hanya ditunda, tapi pasal merugikan dunia pers harus dihapus,” Ungkapnya.

Seperti dilangsir dibeberapa media beberapa hari lalu, aparat kepolisian melakukan kekerasan dan bertindak arogan kepada sejumlah wartawan saat melakukan tugas liputan aksi demo mahasiswa. selain melakukan perampasan dan perusakan alat, beberapa awak media sempat mengalami penganiayaan pemukulan dan mendapat perawatan medis.

“Dalam melaksanakan tugas jurnalis dilindungi UU Pers Nomor 40 tahun 1999,” pungkas Jalil.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Wali Kota Madiun Sidak Kesiapan Lumbung Pangan Musim Libur Lebaran 2021

Madiun

Pelaku IKM Dituntut Lebih Kreatif Untuk Bersaing Dengan Produk Internasional

Madiun

Bupati Melantik 125 Pejabat Fungsional Lingkup Pemkab Madiun

Madiun

Ramadhan, Ribuan Liter Miras Dimusnahkan

Madiun

Masa Libur Pergantian Tahun Baru 24 KA Reguler yang Dibatalkan Dioperasikan

Madiun

Motor vs Motor di Jiwan, Satu Tewas di TKP

Madiun

Kurang Dari Lima Bulan Satpol PP Bongkar Ribuan Iklan Bodong

Madiun

Polisi Bongkar Praktek Prostitusi Online Anak