Home / Madiun

Kamis, 23 Juni 2022 - 11:52 WIB

Belum Terjamah PDAM Warga Dusun Sumber Belik dan Panjen Kesulitan Air Bersih

Reporter : Salem 

Madiun – Kelangkaan air bersih menjadi rutinitas tahunan terjadi di Desa Pulerejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Setidaknya ada dua dusun akan mengalami kesulitan mendapatkan air bersih yakni di Dusun Sumber Belik dan Panjen.

Selain tidak adanya sumber mata air, hampir 50 persen warga Desa Pulerejo belum terjangkau pelayanan saluran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Madiun.

“Saat musim kemarau untuk kebutuhan konsumsi warga biasa mengambil air bersih dari daerah lain yang jaraknya lumayan jauh dari rumah warga,” kata Eko Yuli Aris Setiawan, Selasa (21/6/2022).

Eko Yuli AS yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Pulerejo, mengungkapkan, ada sebagaian warga memasang sumur sibel untuk keperluan pertanian saat musim kemarau datang. “Dan sebetulnya berdampak juga pada sumber mata air disekitarnya,” ungkapnya.

Untuk penyediaan air bersih dan penanggulanga kelangkaan air di wilayahnya, Kepala Desa Pulerejo, berinisiasi membangun sumur bur yang berlokasi di Dusun Sumber Belik dan menjadi program prioritas Desa Pulerejo.

“Sebab Dusun Sumber Belik wilayah yang paling terdampak kesulitan air bersih saat musim kemarau. Dan kebetulan ditempat tersebut ada sumber mata air yang nantinya akan disalurkan ke rumah rumah warga,” ujar Kades Pulerejo.

Kades Pulerejo, Eko Yuli AS

Lebih rinci alumni ini menuturkan, dana pembuatan sumur air bersih diambil dari program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pulerejo, tahun anggaran 2022 atas partisipasif dan kesepakatan musyawarah desa. “Untuk pengelolaanya nanti kita serahkan ke Pokmas (BUMDes) dengan melibatkan Karang Taruna,” tuturnya.

Sumur bur di Dusun Sumber Belik juga akan di bangun penampungan (Bak) air berkapasitas 2200 liter untuk mencukupi kebutuhan warga sekitar 80 hingga 90 KK di Dusun Sumber Belik dan Panjen dengan asumsi per KK 300/400 liter pemakaian air setiap hari.

Desa Pulerejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun terdiri dari lima Dusun yakni, Dusun Panjen, Dusun Puhti, Dusun Sumur, Dusun Bah Bogo dan Dusun Sumber Belik dengan jumlah penduduk mencapai 3800 jiwa 90 persen warganya berprofesi sebagai petani dan buruh tani.

Dia berharap dengan adanya sumur bur kebutuhan air bersih yang sebelumnya langka di kedua dusun dapat terpenuhi. “Diharapkan juga nantinya masyarakat juga ikut andil mengelola dan menjaga keberlangsungan sumber air ini untuk kepentingan bersama,” pungkas Eko Yuli AS.(lem/adv)

Share :

Baca Juga

Madiun

Mutasi Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dilingkup Pemkab Madiun Percepat Serapan Anggaran

Madiun

Kabupaten Madiun Revitalisasi Pasar Mlilir

Madiun

Amankan Nataru Daop 7 Terjunkan 2 K9 dan 384 Personil Gabungan

Madiun

Perilaku Kejahatan Narkoba di Kabupaten Madiun Berubah

Madiun

Kerjasama dengan PT Pos Indonesia Kabupaten Madiun Luncurkan Layanan Antar Dokumen Kependudukan

Madiun

Program P2L Mengolah Pekarangan Menjadi Sumber Pendapatan dan Gizi

Madiun

Usir Pagebluk, Sanggar “Cipto Roso” Lakukan Ritual Ruwatan Covid 19

Madiun

Viral, Wanita Melahirkan di Pinggir Jalan