Home / Madiun

Rabu, 15 Juni 2022 - 18:37 WIB

Desa Sangen dan PMI Kabupaten Madiun Gelar Donor Darah

Reporter : Salem 

Madiun – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Madiun bekerjasama dengan Desa Sangen, Kecamatan Geger, menggelar bakti sosial donor darah dalam rangka hari donor darah tahun 2022 di Pendopo Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (14/6/2022). Desa Sangen merupakan salah satu Desa Siaga donor darah di Kabupaten Madiun wilayah Madiun Selatan.

Petugas PMI Kabupaten Madiun, Tatag Nur Widianto, mengatakan, desa Siaga Sangen punya pos donor darah yang rutin dilaksanakan setiap Tiga bulan sekali dengan antusias warga yang cukup baik mengikuti program donor darah. “Setiap kegiatan paling tidak sekitar 15 hingga 20 peserta donor hadir dan ikut dalam program donor darah,” kata Tatag Nur Widianto, Selasa (14/6/2022).

Tatag menuturkan, Di Kabupaten Madiun selain Desa Sangen ada sekitar 200 pos donor darah yang sudah dibuka dan siap melayani donor darah. “Setelah melalui proses uji Screening darah akan disimpan di bank darah yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutur Bagian Seksi Pengerahan Donor Darah PMI Kabupaten Madiun.

Salah satu peserta, Heti Kus Endang, mengungkapkan, dirinya tergerak untuk mengikuti donor darah karena ingin membantu sesama. Dirinya mengetahui ada kegiatan donor darah dari sosialisasi Pemdes Sangen melalui sosial media dan group Posyandu Desa Sangen. “Kebetulan saya anggota Posyandu jadi saya tau dari group. Selain membantu sesama donor darah sangat baik untuk menjaga kesehatan,” ungkap Heti Kus Endang.

Sementara Kepala Desa Sangen, Soni Hendro Cahyono, menjelaskan, Desa Siaga Sangen sudah berjalan selama Empat tahun dengan program rutin donor darah yang dilaksanakan setiap Tiga bulan sekali yang pesertanya diutamakan setiap warga Desa Sangen. “Dan dianjurkan kepada pada warga laki laki untuk mengikuti kegiatan donor darah. Namun sifatnya tidak memaksa dan hanya yang kerso mawon,” jelas Kepala Desa Sangen.

Menurut Soni, kegiatan rutin donor darah di Desa Sangen disosialisasikan oleh Pemdes Sangen melalui sosial media, group paguyuban masyarakat dan disiarkan oleh perangkat desa melalui rapat rapat dan perkumpulan di tingkat RT dan RW. “Termasuk kelompok Posyandu, PKK dan perkumpulan atau kelompok masyarakat lainya,” ujar Kepala Desa Sangen, Kecamatan Geger.

Kepala Desa Sangen, Soni Hendro Cahyono (tengah) 

Keuntungan bagi warga Desa Sangen yang membutuhkan tranfusi darah bisa mendapatkan secara gratis dengan menunjukan kartu peserta donor. “Kita bekerjasama dengan PMI. Jadi nanti ada kelebihan darah bisa dimanfaatkan oleh warga hanya dengan menjunjukan kartu peserta donor dan akan mendapatkan donor darah dengan gratis,” terang Soni Hendro Cahyono.

Kepala Desa Sangen berharap seluruh warga desa Sangen dapat berpartisipasi dan ikut donor darah untuk membantu sesama dan menyelamat jiwa orang lain. “Karena satu tetes darah sangat dibutuhkan, setetes darah menyelamatkan , setetes darah sejuta keiklhasan dan bentuk kepedulian kita untuk sesama yang membutuhkan,” pungkas Soni Hendro Cahyono, Kepala Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.(lem/adv).

Share :

Baca Juga

Madiun

KASBI-SBM Dukung Pencabutan Instruksi Presiden/Inpres Nomor 9 Tahun 2013

Madiun

Bansos Bulakrejo Belum “Clear”

Madiun

Peningkatan SDM Petugas Regrister Dorong Pencapain Target 95 Persen

Madiun

Bupati Melantik 125 Pejabat Fungsional Lingkup Pemkab Madiun

Madiun

Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan 3 Raperda non APBD Kabupaten Madiun

Madiun

Aliansi Jurnalis Madiun Kecam Arogansi Aparat Terhadap Wartawan

Madiun

Libur Idul Adha 1442 H, KA Jarak Jauh hanya untuk Perjalanan Esensial, Kritikal dan Mendesak

Madiun

Awas,,,Pelaku Gendam Masih Bergentayangan Di Madiun