Home / Pacitan

Rabu, 24 Januari 2018 - 21:11 WIB

Emperan Mushola Palabuhan Tamperan jadi Tempat Tidur ABK

Rabu, (24/01/2018)

Reporter : Danur Sumbo

 

PACITAN, (beritajurnal.com) –
Para ABK (anak buah kapal) yang tidak ada tempat tinggal saat kapal berhenti melaut beralihlah menempati emperan kantor dan mushola untuk berteduh dan istirahat tidur.

 

Sejumlah ABK istirahat di emperan di Pelabuhan Tamparan. (foto : jurnal/Danur)

 

Para ABK yang didatangkan dari daerah seperti Pekalongan ini, saat kapal bersandar di pelabuan seharusnya tidur di dalam kapal. Namun karena kondisi panas mereka banyak pindah menempati banguan bangunan kosong yang berada di sekitaran pelabuhan .

Seperti yang terlihat beberapa ABK berasal dari Pekalongan Jawa Tengah  ini kalau cuaca di kapal panas mereka pindah ke emperan mushola menggelar kain seadanya untuk alas tidur.

Ninik Styorini Kepala UPT P2SKP Tamperan Pacitan menegaskan bahwa soal ABK yang tidur di di emperan kantor dan mushola area Pelabuhan dengan tegas tidak diijinkan.

“Biasanya para anak buah kapal ABK tersebut disediakan mess oleh para juragan dan seharusnya tetap begitu agar kesehatan serta estetikanya tetap terjaga dengan baik. Namun dengan tegas pihak UPT provinsi tetap melarang kalau masih ada ABK yang memfungsikan mushola untuk tempat tidur,” tegas Ninik

Hari (36) ABK asal Pekalongan ini mengatakan sistem management dari pihak perusahaan berubah maka dia dan rekan ABK lain nya terpaksa harus menempati emperan kantor dan mushola.

” Di dalam kapal cuacanya panas sekali terpaksa kami harus cari tempat istirahat yang sejuk karena di dalam enggab. Dulu memang di sediakan tempat tinggal namun sekarang tidak lagi terpaksa kami tidur sementara di sini,” ungkapnya.

 

Share :

Baca Juga

Pacitan

Manager Perspa Pacitan : Bacalon Bupati Pacitan Jangan Hanya Jual Tampang

Pacitan

Pulkam ke Pacitan, SBY Temui Tokoh di Gunungkidul

Pacitan

Duh Mesranya Ijab di Dalam Bus

Pacitan

12 Jabatan Kades di Kecamatan Ngadirojo Diisi Pejabat Sementara

Pacitan

Antisipasi Elpiji Melon Langka, LPKP Pacitan Turun Lapangan

Pacitan

Kreket tek tek Breess, Jembatan di Pacitan Putus

Pacitan

Sidang di Tiga Tingkat Pengadilan, Siapa Pemilik Lahan Pasar Tulakan (Masih) Ngambang

Pacitan

Bupati Pacitan Santuni Korban Longsor