Home / Madiun

Sabtu, 1 Desember 2018 - 15:34 WIB

Kabupaten Madiun Revitalisasi Lima Pasar Tradisional

Reporter : Salem

MADIUN, – Revitalisasi pasar tradisional yang gencar dilakukan dalam kurun waktu lebih dari satu dekade terakhir ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai target serta melaksanakan program 5000 pasar tradisional yang canangkan pemerintah republik Indonesia.

Revitalisasi yang dilakukan juga tidak selalu berkaitan dengan pembangunan fisik gedung pasar tradisional tetapi tahapan terpenting dalam melakukan revitalisasi pasar tradisional adalah memperbaiki perilaku pedagang dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen.

Sementara target output revitalisasi pasar tradisional di kabupaten Madiun, dilrealisasikan di lima titik yakni di pasar umum Caruban, pasar tradisional Balerejo, pasar Dungus, pasar Pagotan dan pasar Mlilir yang telah dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2013.

“Sedangkan bentuk kegiatana berupa rehab bangunan dan pembuatan lost atau bedak pasar,” Kata Agus Suyudi, Jum’at (30/11/2018).

Plt Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkop – UM) kabupaten Madiun ini juga menjelaskan, revitalisasi tersebut juga merupakan upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali pasar tradisional sebagai pusat perdagangan.

“Sehingga pemanfaatan pasar lebih maksimal dan memberikan kenyamanan baik untuk pedagang maupun konsumen saat melakukan transaksi jual beli di pasar tradisional,” Ungkapnya.

Lebih lanjut Agus Suyudi menjelaskan, dengan pelaksanaan revitalisasi pasar tradisional akan berdampak pada meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) dan menumbuhkan perekonomian dan kesejahteraan pedagang pasar tradisional diwilayah kabupaten Madiun.

“Dan saya juga menghimbau kepada pedagang untuk ikut menjaga keamanan dan kebersihan pasar tradisional sebagai pusat perbelanjaan dan perputaran perekonomian,” Pungkasnya.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Upacara HUT Ke – 75 RI di Kota Madiun Berjalan Khidmat Ditengah Pandemi Covid – 19

Madiun

Hadiri Rakercabsus PDI-P, Sekda dan Ketua MUI Kota Madiun Dipanggil Panwas

Madiun

Ungkap Dugaan Pembunuhan Polres Madiun Bekerjasama Dengan Polres Ngawi

Madiun

Tukang Becak dan Pengemudi Ojol dapat Ratusan Masker Gratis

Madiun

Pemantauan Rokok Tanpa Cukai Diwilayah Perbatasan Hinggga ke Pedesaan

Madiun

Pemkab Madiun Raih Penghargaan LAKIP Dari Kemenpan-RB

Madiun

7 PNS Bappeda Madiun diperiksa Kejaksaan

Madiun

Bus Sarat Penumpang Ludes Terbakar