Home / Madiun

Sabtu, 4 Agustus 2018 - 15:19 WIB

Kirab Jengkar Kedaton Bupati Madiun

Reporter : Salem

MADIUN,- Setelah Dua periode (2008 – 2018) memimpin Kabupaten Madiun, memasuki masa purna bhakti Bupati Muhtarom dan Wakil Bupati Iswanto menjalani prosesi Jengkar Kedaton dan menyerahkan Pataka atau bendera lambang Pemkab Madiun serta penyerahan keris pusaka Kiai Kolo Gemarang, Kamis (2/8/2018).

“Kegiatan seperti ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun sebagai tanda pengembalian kekuasaan pemerintahan yang selanjutnya akan diteruskan oleh pemimpin yang baru,” Kata H. Muhtarom, usai kegiatan, Kamis (2/8/2018).

Prosesi Jengkar Kedaton, Bupati dan Wabup Madiun mengikuti upacara potong tumpeng penyerahan Pataka atau bendera lambang Pemkab Madiun dan pengembalian pusaka Keris Kiai Kolo Gemarang kepada wakil ketua DPRD Hari Puryadi dan Sekda Kabupaten Madiun Tronto Pahlawanto.

“Penyerahan ini merupakan simbol bahwa mandat rakyat telah diselesaikan dan dikembalikan lagi ke rakyat,” Ungkapnya.

Selanjutnya, pasangan Mu-Is yang telah memimpin Kabupaten Madiun selama 10 Tahun tersebut akan dikirab dengan mengendarai kereta kuda dari Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun menuju kediaman pribadinya di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, dengan dikawal jajaran OPD dan 32 kereta kuda serta diiringi dengan kesenian tradisional.

Sebelum dikirap sejumlah staf bagian umum secara bergantian sungkem ke Mbah Tarom dan istri dan Wabub beserta istri. Dengan menempuh jarak kurang lebih 24 kilometer iring iringan Kirap Jengkar Kedaton Bupati Wakil Bupati Madiun, sekitar pukul 14.00 WIB berangkat dan tiba di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo sekitar pukul 17.00 WIB.

Sementara pemberangkatan Kirap Jengkar Bupati berangkat dari Pendopo Muda Graha dipilih sebagai titik awal dan akhir masa pemerintahan dan tempat kedinasan awal Bupati dan Wabup adalah di Pendopo Muda Graha sebagai pusat pemerintahan yang lama sebelum pindah ke Pusat Pemerintahan Mejayan Kabupaten Madiun.

Kirab Jengkar Kedaton merupakan simbol mengantarkan pasangan Muhtarom dan Iswanto kembali kepada keluarga setelah mengabdi di Pemkab Madiun selama 10 tahun. Rencananya, Kirab Jengkar akan dijadikan agenda tahunan pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun. Mengambil start dari gedung DPRD, kemudian berjalan kaki menuju Puspem Mejayan.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Saksi Mengatakan Ada Pesta Miras Sebelum Melakukan Penusukan

Madiun

TMMD ke 102 di Madiun : Manunggal Membangun Karakter Generasi Milinial

Madiun

Walikota Perintahkan Segera Menginventarisir Data Kerusakan Kebakaran SMPN 12

Madiun

KAI Terapkan Syarat Naik KA Jarak Jauh Terbaru, Sesuai SE Kemenhub No 4 Tahun 2021

Madiun

Operasi Zebra Semeru 2020, Polres Madiun Bagikan Helm Gratis

Madiun

Tunggu Jadwal Sidang, Kecamatan Minta Kades Sareng Tidak Ditahan

Madiun

TMMD Ke 102 Tahun 2018, Peran TNI Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata Daerah

Madiun

Bus Sarat Penumpang Ludes Terbakar