Home / Madiun

Senin, 7 Maret 2022 - 20:26 WIB

Kisruh Pengelolaan Parkir Pasar Sambirejo, BUMDes Klaim itu Aset Desa

Reporter : Salem

Madiun, beritajurnal.com – Karut marut pengelolaan lahan parkir pasar Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun mulai mencuat dan berpotensi terjadi gejolak pasca muncul pernyataan dari pengurus BUMDes akan mengambil alih pengelolaan parkir di pasar Sambirejo dari pengelola lama sejak per 1 Maret 2022.

Menurut Ketua BUMDes Sambirejo, Sukatman mengatakan, pengambilalihan pengelolaan parkir pasar sesuai petunjuk dari Kepala Desa Sambirejo yang menginformasikan pasar Sambirejo merupakan salah satu aset desa yang pengelolaanya sudah diserahkan oleh Dinas Perdagkop dan UM Kabupaten Madiun ke pengurus BUMDes Sambirejo.

“Informasi dari pak Kades pengelolaan lahan parkir pasar Sambirejo sudah diserahkan ke BUMDes oleh Dinas Perdagkop dan UM per 1 Maret 2022,” kata Sukatman, Jum’at (4/3/2022) saat temui dikediamanya di Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

Sukatman menuturkan, atas dasar hal tersebut, Kepala Desa Sambirejo juga memerintahkan Ketua BUMDes untuk membentuk kepengurusan dan menunjuk petugas baru untuk juru parkir di pasar Sambirejo. “Dan saya selaku Ketua BUMDes sudah mengeluarkan SK untuk petugas parkir yang baru di Pasar Sambirejo atas petunjuk Kepala Desa,” tuturnya.

Namun begitu, perekrutan pekerja parkir baru tidak melepas dan masih memasukan orang orang lama sebagai pekerja parkir dibawah naungan BUMDes. “Itupun dengan catatan bagi yang mau. Dan ini sudah kita mediasikan bersama dengan mengundang kelompok lama,” Jelas Sukatman.

Ketua BUMDes Sambirejo mengakui, hingga saat ini dirinya belum memegang surat penunjukan pengelolaan parkir pasar Sambirejo dari Dinas Perdagkop dan UM ke BUMDes. “Insyallah informasi yang disampaikan pak Kades bisa dipertanggung jawabkan makanya kita berani melangkah,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Desa Sambirejo, Heru Purnomo, menegaskan yang dikelola BUMDes di pasar Sambirejo adalah penitipan kendaraan dan bukan parkir berdasarkan penunjukan langsung oleh Sekdin dan Kepala Pasar saat Kepala Desa, Sekretaris BUMDes dan perwakilan pengelola lama datang ke Kantor Dinas Perdagangan tgl 25 Februari 2022.

“Sebetulnya per 1 Maret itu yang diganti cuma managemenya. Dari hasil rapat rapat BUMDes tetap mempekerjakan orang orang lama,” Ujar Kepala Desa Sambitejo, saat dikonfirmasi media beritajurnal.com Senin (7/3/2022) di Kantor Desa Sambirejo.

Heru Purnomo berdalih, penunjukan langsung (PL) pengelolaan penitipan kendaraan di pasar Sambirejo ke BUMDes karena nilai omset kurang dari 200 juta dan tidak memenuhi target lelang. “BUMDes beberapa kali melaksanakan konsulidasi bersama pengelola lama namun hingga hari ini prakteknya yang bekerja tetap kelompok lama,” terangnya.

Kepala Desa Sambirejo, menginformasikan bahwa hari ini Senin (7/3/2022) Ketua BUMDes dan jajaranya mendatangi Kantor Dinas Perdagkop dan UM untuk menagih janji Sekdin, Agus Suyudi terkait penunjukan pengelolaan penitipan oleh BUMDes. “Kemarin secara lisan mas dan hari ini pengurus BUMDes infonya mendatangi Sekdin untuk menagih janji,”pungkas Heru Purnomo.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Deteksi Kerawanan Pangan Kabupaten Madiun Lakukan Survey PPH 2017

Madiun

HPN Ke – 37, Peran Media Menjadi Agen Perubahan Pembangunan Kota Madiun

Madiun

Gelapkan Mobil Dan Motor Bujangan Gunungsari Diringkus

Madiun

Era Digitalisasi Guru Dituntut Profesional dan Beraklhak

Madiun

Refleksi Akhir Tahun, Kota Madiun Raih Serangkaian Prestasi

Madiun

Apel Gelar Pasukan KAI Siap Sukseskan Mudik Lebaran

Madiun

Pamit Servis HP Warga Kecamatan Ngebel Ditemukan Tewas di Hotel

Madiun

Bus Sarat Penumpang Ludes Terbakar