Home / Madiun

Kamis, 9 Juni 2022 - 19:58 WIB

Masa Jabatan Habis, Pemdes Tulung Buka Pendaftaran Calon BPD

Reporter : Salem

Madiun, beritajurnal.com – Desa Tulung, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun akan melaksanakan pemilihan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) masa jabatan periode 2022 – 2027. Pemilihan segera dilaksanakan karena masa jabatan anggota BPD sebelumnya telah habis.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Tulung, Soekarno yang mengatakan, kepengurusan Badan Permusyawaratan Desa harus segera diisi karena fungsi BPD sangat penting untuk pelaksanaan program pembangunan dan pengambilan kebijakan yang saling terkait.

“Karena fungsi BPD sangat penting dalam mengambil kebijakan dan pelaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemdes Tulung,” Kata Kepala Desa Tulung, Kecamatan Saradan, Senin (6/6/2022).

Kepala Desa Tulung, Soekarno

Lebih lanjut Soekarno menjelaskan, untuk masa jabatan BPD Desa Tulung periode sebelumnya akan habis pada bulan Agustus 2022 mendatang. “Jangan sampai setelah habis mas jabatan BPD lama nanti terjadi kekosongan yang berpotensi dapat menghambat pelaksanaan program desa,” lanjutnya.

Kepala Desa Tulung, berharap sebagai badan legislatifnya desa, anggota BPD yang baru nanti dapat memberi warna di sistem pemerintahan desa dan benar benar mampu mewakili aspirasi masyarakat dari lima dusun yang ada di Desa Tulung dengan jumlah kurang lebih 7000 jiwa.

“Harapan saya sebagai kepala desa dengan adanya BPD nanti bisa berkalaborasi dengan baik untuk mewujudkan desa Tulung yang maju dan berakhlak sehingga program desa benar benar tepat sasaran, bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya.

Sementara Panitia pengisian BPD Tulung, Edi Hartono mengungkapkan, panitia telah mensiapkan mekanisme dan tahapan tahapan pengisian BPD untuk periode 2022 – 2028 salah satunya dengan mensosialisasikan melalui sosial media dan pemasangan pamflet dan bannerq disetiap sudut desa.

“Sosialisasi juga dilakukan melalui perangkat desa hingga ke tingkat RT. Sedang sistem penjaringanya masing masing dusun mengusulkan calon dan lolos administrasi yang tetapkan panitia salah satunya tidak pernah terlibat atau menjalani proses hukum,” ungkap Edi Hartono.

Menurutnya, Desa Tulung membutuhkan 9 anggota BPD untuk mewakili aspirasi masyarakat dari seluruh dusun di desa Tulung, Kecamatan Saradan. “Panitia juga menyediakan kuota untuk pesrta BPD dari unsur perempuan yang sistem seleksinya akan dilaksanakan oleh panitia dikantor desa. “Dan yang lainya sesuai sesuai dengan yang diajukan melalui kemufakatan warga.

Pemilihan calon anggota BPD Tulung panitia menetapkan 11 unsur pemilihan yakni dari LPKMD, Ketua RT/RW, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Karang Taruna, Ketua Gapoktan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, Tokoh Kesenian atau Budaya. “Dan pimpinan kelompok sesuai dengan kondisi sosial masyarakat setempat,” pungkas Edi Hartono.(lem/adv)

Share :

Baca Juga

Madiun

Edarkan Sabu Warga Magetan Diringkus

Madiun

Tukang Becak dan Pengemudi Ojol dapat Ratusan Masker Gratis

Madiun

Pelatihan Ketrampilan dan Alokasi Dana Kelurahan Kuncen

Madiun

Video Mesum Diduga Pelajar di Madiun Tersebar di WA

Madiun

Cegah Wabah PMK Desa Tambakmas Lakukan Penyuluhan dan Bentuk Gugus Tugas

Madiun

Kabupaten Madiun dan Peluang Industri Tas Plastik

Madiun

Menengok Persiapan Peringatan HUT RI Ke 73 Desa Luworo

Madiun

Kabupaten Madiun Menuju Sentra Industri Batik