Home / Madiun

Senin, 26 April 2021 - 17:30 WIB

Musim Libur Lebaran Akhirnya (Hanya) Diperbolehkan Mudik Lokal

Reporter : Salem

Madiun, beritajurnal.com – Tindak lanjut larangan mudik pemerintah pusat Polres Madiun menggelar apel gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Madiun, kesiapan pengamanan larangan mudik hari raya idul fitri 1442 H, dan Operasi Ketupat Semeru 2021 yang bertempat di lapangan Tribrata Polres Madiun, Senin (26/4/2021) yang dipimpin oleh Bupati Madiun, H Ahmad Dawami Ragil Saputro.

Bupati Madiun menyampaikan amanat Kapolda Jatim, Irjen Pol, Dr Nico Afinta, bahwasanya pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid 19 telah mengbeluarkan adentum SE nomor 13 tahun 2021 tentang peniadaan mudik pada musim libur hari raya Idul Fitri 2021 dan upaya pengendalian penyebaran Covid 19 terhitung mulai tanggal 22 April hingga 24 Mei 2021 resmi diberlakukan.

Ahmad Dawami, mengungkapkan, bahwa kebijakan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan pertambahan penyebaran kasus Covid 19. Berdasarkan data pada tahun sebelumnya setiap pasca libur akan terjadi lonjakan kasus Covid 19 termasuk pada libur lebaran, perayaan Natal dan libur pergantian tahun.

“Dengan diberlakukan larangan mudik lebaran pada tahun ini, tujuanya untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan,” Ungkap Bupati Madiun.

Dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 Polda Jatim melakukan penyekatan di 7 titik antar provinsi baik dengan Jateng dan Bali. Selain itu Polda Jatim dan Satuan Wilayah (Satwil) jajaran menyiapkan 20 titik penyekatan yang dibagi menjadi 7 Rayon meliputi Surabaya Raya, Malang Raya, Tapal Kuda, Tuban Raya, Bojonegoro Raya, Madiun Raya, Blitar Raya dan Madura Raya.

Sementara Kapolres Madiun, AKBP Bagoes Wibisono, menambahkan, apel ini untuk mengecek kesiapan seluruh personil gabungan yang akan dilibatkan dalam pengamanan larangan mudik lebaran dan pengendalian penyebaran Covid 19, sehingga kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik dapat dilaksanakan dengan lancar dan Operasi Ketupat Semeru 2021 berjalan dan tepat sasaran.

Kapolres Madiun, AKBP Bagoes Wibisono

“Untuk wilayah Kabupaten Madiun ada 2 titik penyekatan yaitu di Saradan dan exit Tol Dumpil, Sementara baru itu,” Terang AKBP Bagoes Wibisono, kepada Wartawan.

Namun begitu dalam aplikasi kegiatan Operasi Ketupat Semeru 2021 diwilayah Rayon 5 (Mataraman) masih bisa melakukan mobilisasi mudik lokal antar kabupaten yang mecakupi Madiun, Ponorogo, Pacitan, Magetan dan Ngawi. “Di wilayah itu masih bisa dilakukan moboilisasi mudik lokal. Dan kalau ditemukan pemudik dari luar kabupaten lain akan diseleksi dan kita arahkan untuk putar balik,” Pungkas Kapolres Madiun.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Komisi Irigasi Periode 2018 – 2021 Akan Segera Terbentuk

Madiun

Ini Penyebab Cafe “Memory” Terbakar

Madiun

Saksi Mengatakan Ada Pesta Miras Sebelum Melakukan Penusukan

Madiun

Belum Beroperasi Tol Ngawi-Madiun Minta Tumbal, 1 Tewas 3 Luka-luka

Madiun

Pelatihan Ketrampilan dan Alokasi Dana Kelurahan Kuncen

Madiun

Cegah Banjir Di Kebondalem Desa Glonggong Bangun Drainase

Madiun

Keributan Mejayan Polisi Tetapkan Empat Tersangka

Madiun

Diusung Tiga Partai, Ahmad Dawami Dan Hari Wuryanto Daftar Ke KPU