Home / Sosial Budaya

Sabtu, 11 Mei 2019 - 23:08 WIB

Pentingnya Menjadi Konsumen Cerdas

 

Oleh : YOSI FARADIKA PUTRA
Penulis adalah Ketua LPKP Periode 2018-2023)

 

BANYAK pengalaman dan pengetauhan yang ingin saya torehkan di catatan elektronik ini,sebagai bentuk publis edukasi kepada konsumen ,pada dasarnya semua manusia adalah konsumen,sekalipun itu produsen,kalimat Itulah yang sering Saya sampaikan agar itu bisa menjadi patokan masyarakat pada umum nya.

Keaktipan saya bergerak di bidang NGO(non goverment organisasiont) Sebagai Ketua LPKP lembaga perlindungan konsumen di kabupaten Pacitan dalam beberapa kesempatan selalu ingin berbagi ilmu Khususnya kepada Masyarakat Pacitan dan Indonesia umum nya agar dapat meningkatkan kesadarannya untuk menjadi Konsumen yang Kritis, Cerdas dan Bermartabat.

Dalam kesempatan menjadi narasumber di berbagai acara, saya sampaikan pentingnya kesadaran konsumen untuk bisa melindungi hak-haknya , Konsumen mempunyai perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Dari pengertian tersebut maksud dari Paham Perlindungan Hukum adalah mengerti akan aturan hukum yang melindungi hak-hak Konsumen itu sendiri Hak-hak Konsumen telah di atur di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999.

Diharapkan dengan mengetahui hak Konsumen ini masyarakat akan semakin Paham dan yakin akan makna Konsumen Cerdas Paham tentang Perlindungan Konsumen serta Hak Konsumen itu sendiri. sesuai yang telah diatur dalam Undang-undang perlindungan konsumen No 8 tahun 1999. Dimana dalam undang-undang tersebut konsumen berhak mendapatkan Hak nya, salah satunya adalah hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.

Diberbagai kesempatan akhir-akhir ini LPKP telah menerima aduan dari berbagai masyarakat terkait adanya ketidak sesuaian antara label harga dan harga di kasir,isi kemasan mili liter nya tidak sesuai yang ada, komposisi makanan dan masa espayet juga banyak di temukam hal seperti ini butuh pengawasan yang ketat, serta kesadaran penuh dari pelaku usaha untuk memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.

Sehingga antara pelaku usaha dan konsumen tidak ada yang dirugikan, Kemudian terkait temuan masyarakat lainnya, Saya atas nama Lembaga LPKP berpesan jika ada masyarakat yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha, masyarakat dapat mengadukan langsung ke kantor LPKP Jd Dr Sutomo Kebonredi Pacitan atau dinas terkait lainnya, sehingga Jaminan keselamatan dan antisipasi kerugian konsumen dapat di atasi dan antisipasi.

Ramadhan kali ini adalah momen untuk kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya kesadaran berbelanja, salah satunya adalah jangan sampai lupa untuk berbelanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Juga selalu cek kemasan, serta tanggal kadaluarsa dan kesesuaian harga antara label dan sampai di kasir. Kita sebagai konsumen harus bisa meningkatkan kesadaran untuk menjadi konsumen yang cerdas dan bermartabat.

Pelaku usaha juga sebaiknya mentaati peraturan yang sudah diundangkan Baik pelaku usaha Barang dan/atau jasa, Karena kembali lagi, bahwa semua manusia adalah Konsumen, maka sudah sepatutnya saling bekerjasama dengan baik. Untuk itu LPKP akan melakukan pengawasan bersama pemerintah dan masyarakat terhadap pelaksanaan perlindungan konsumen.

Selamat menuaikan Ibadah Ramadhan 1440 H/2019.Semoga menjadikan jiwa kita suci untuk menuju kemenangan.
Mari Menjadi Konsumen Cerdas dan Beramartabat ! (*)

Share :

Baca Juga

Sosial Budaya

Desa Bancangan Kecamatan Sambit Ponorogo Eksotis dan Bersejarah

Sosial Budaya

Grebeg Suro 2018, Upaya Lestarikan Budaya Daerah